5 Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak Berjalan Optimal

 

Anak-anak membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk membantu tumbuh kembangnya berjalan optimal. Lengkap yaitu mencakup semua kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak, sedangkan seimbang yaitu sesuai dengan kebutuhan anak. Pasalnya kebutuhan nutrisi anak bisa berbeda-beda di setiap tahapan usia. Jadi anak yang berumur 5 tahun membutuhkan nutrisi yang berbeda dengan anak yang berumur 1 tahun.

Setidaknya ada 5 nutrisi penting yang harus Anda penuhi di masa tumbuh kembang anak. Tidak hanya proses pertumbuhan dan perkembangan fisiknya saja, nutrisi tersebut juga akan membantu perkembangan otak sehingga mereka bisa menjadi anak yang cerdas. Langsung saja, berikut ini kelima nutrisi penting tersebut:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Nutrisi ini terdiri dari dua bentuk yaitu gula kompleks atau pati dan gula sederhana atau gula. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks merupakan sumber makanan yang baik untuk anak-anak.

Kebutuhan karbohidrat si Kecil yaitu sebanyak sepertiga bagian dari porsi makanannya. Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat si Kecil melalui makanan seperti beras merah, makaroni, roti gandum utuh, kentang, polong-polongan serta pasta. Namun perlu Anda ketahui bahwa karbohidrat yang tidak dihaluskan memiliki gizi dan serat yang lebih baik dibandingkan karbohidrat yang dihaluskan.

Protein

Nutrisi tumbuh kembang anak yang dibutuhkan dalam jumlah besar selanjutnya adalah protein. Meski begitu, kebutuhan protein si Kecil tidak sebesar kebutuhan karbohidratnya. Anda hanya perlu menyiapkan makanan yang mengandung protein sebanyak 15-20% dari porsi makannya setiap hari.

Perlu Anda ketahui juga bahwa 8 dari 25 asam amino di dalam protein tidak bisa dibentuk oleh tubuh. Jadi asam amino tersebut bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi anak. Peran dari asam amino yaitu untuk menyampaikan pesan ke otak sehingga harus dipenuhi secara lengkap. Anda bisa mendapatkan kandungan asam amino melalui makanan seperti ikan, telur, oatmeal, dan produk susu.

Vitamin

Anak-anak yang masih berusia di bawah 5 tahun membutuhkan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Fungsinya bermacam-macam sesuai jenis vitamin. Anak membutuhkan vitamin A, C, dan E karena mampu melindungi otak dan tubuh dari polusi maupun racun.

Anak juga membutuhkan vitamin B untuk perkembangan otaknya karena vitamin B dikenal mampu meningkatkan daya ingat. Selain itu, vitamin B juga membantu perkembangan saraf dan metabolisme energi. Beberapa sumber vitamin B yang tinggi adalah daging, telur, dan bayam.

Mineral

Selain vitamin, anak-anak juga membutuhkan mineral untuk membantu tumbuh kembangnya berjalan optimal. Kalsium dan magnesium merupakan dua jenis mineral yang berfungsi menenangkan sel otot dan syaraf.

Sedangkan zat besi adalah mineral yang dibutuhkan anak karena berfungsi untuk membawa oksigen dalam darah. Makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi yaitu kacang-kacangan, roti gandum, dan kulit kentang.

Lemak

Otak anak tersusun dari 60% lemak yang didapatkan dari makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Oleh sebab itu, Anda harus menyisipkan makanan dengan kandungan lemak yang dibutuhkan oleh si Kecil.

Asam lemak tak jenuh atau omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA memiliki banyak fungsi untuk otak. Beberapa makanan sumber omega 3 adalah tuna, salmon, sayuran berdaun hijau, dan kacang walnut.

Itulah 5 nutrisi tumbuh kembang anak yang penting untuk Anda perhatikan. Penuhi kebutuhan nutrisi tersebut setiap hari sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Selain dari makanan bergizi, pertumbuhan dan perkembangan si Kecil juga bisa dioptimalkan dengan pemberian stimulasi yang tepat.

Posting Komentar