Perkembangan Investasi Reksa Dana Syariah di Indonesia

Perkembangan Investasi Reksa Dana Syariah di Indonesia
investasi reksa dana syariah

Seiring dengan berkembangnya ekonomi Islam di Indonesia, perkembangan produk berbasis syariah pun ikut mengalami peningkatan. Salah satunya produk investasi reksa dana syariah, yang pengelolaan kebijakan dalam investasinya berdasarkan pada syari'at Islam.

Saham-saham atau obligasi yang perusahaannya memproduksi produk yang bertentangan dengan syari'at Islam tidak akan diinvestasikan. Biasanya yang mengandung unsur riba, ketidakjelasan (gharar), judi, dan suap (risywah).

Dalam investasi reksa dana syariah, investor bukan hanya menginginkan return, tetapi juga Socially Responsible Investment atau disingkat menjadi SRI. Perkembangan investasi reksa dana syariah di Indonesia pun bisa dibilang cukup pesat. Investor bisa menilai kinerja dari reksa dana tersebut, dengan dilakukannya pengukuran kinerja oleh para manajer dana. Untuk nantinya bisa dilihat apakah sudah memberikan return tambahan pada dana yang dikelola, atau belum sama sekali.


Proses screening dilakukan dalam investasi reksa dana syariah sebagai bagian dari proses alokasi aset. Sedangkan Islamic fund dibolehkan hanya jika melakukan penempatan pada saham dan instrumen yang halal. Hingga hal ini pun jadi berdampak pada alokasi serta komposisi aset dalam portofolionya.

Selanjutnya dari segi return, ada proses filterisasi untuk kegiatan return haram. Ini hanya terdapat di investasi reksa dana syariah. Karena dalam reksa dana konvensional tidak ada proses filterisasi untuk return yang haram.

Untuk pengawasannya, Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) adalah yang bertanggungjawab untuk mengawasi reksa dana syariah. Tidak diperbolehkan adanya spekulasi yang mengandung unsur riba, gharar, maysir.

KlikMAMI sebagai salah satu penyedia jasa Reksa Dana di Indonesia yang juga pada tahun 2018 berhasil meraih penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management, berharap adanya reksa dana syariah ini akan membuat lebih banyak masyarakat lagi mau untuk berinvestasi. Jika dirasa tidak sesuai dengan reksa dana yang konvensional, maka bisa mencoba reksa dana syariah ini yang sesuai dengan kaidah syari'at Islam.

Posting Komentar