Inspirasi Dekorasi dan Desain Ruang Tamu Berukuran Kecil

Memiliki hunian dan ruang tamu yang kecil tidak membuat Anda kehilangan kesempatan mendapatkan ruang tamu yang nyaman dan indah. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ruang tamu sesuai keinginan. Salah satu caranya yaitu mendekorasi dan mendesain ruang tamu dengan baik. Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini ada beberapa inspirasi dekorasi dan desain ruang tamu berukuran kecil yang bisa diikuti:

Gunakan Warna Netral dan Terang

Pemilihan warna menjadi hal yang sangat penting karena menentukan kesan dan aura dari ruangan maupun pemilik rumah. Jika menginginkan tampilan yang lebih luas, sebaiknya gunakan warna netral dan juga terang. Contohnya yaitu putih, krem, atau abu muda. Warna tersebut juga mudah dikombinasikan dengan warna lain sehingga tidak terasa monoton.

Pilih Furniture yang Menampilkan Kesan Effortless

Furniture effortless merupakan furniture yang tidak terasa berlebihan di sebuah ruangan. Anda bisa mencari furniture yang memiliki tampilan dan bobot yang ringan. Jika dibandingkan dengan sofa yang tebal, akan lebih baik Anda menggunakan kursi kecil dari besi atau kayu. Permukaannya pilih yang terbuat dari kaca agar ruangan terasa lebih luas.

Pilih Furniture yang Memiliki Manfaat Lebih

Selain kesan effortless, sebaiknya pilih furniture yang memiliki manfaat lebih. Furniture multifungsi membuat ruangan tidak terlalu banyak barang. Beberapa contohnya yaitu meja tamu yang bisa digunakan sebagai meja kerja, sofa yang bisa digunakan untuk tempat tidur ketika dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Dinding

Inspirasi desain ruang tamu berukuran kecil selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan dinding. Anda bisa memasang ambalan rak atau kotak display pada dinding. Pajang beberapa koleksi buku, majala, dan lain sebagainya. Selain sebagai tempat penyimpanan, dinding tersebut juga bermanfaat sebagai dekorasi ruangan.

Jadikan Jam Dinding Sebagai Dekorasi

Jam dinding dibutuhkan di ruang tamu sebagai penunjuk waktu. Agar lebih multifungsi, Anda bisa menjadikan jam dinding sekaligus sebagai dekorasi. Saat ini ada banyak sekali model jam dinding yang dijual di pasaran. Carilah jam dinding dengan desain menarik sehingga bisa dijadikan sebagai dekorasi. Jangan lupa cocokkan desain jam dinding dengan dekorasi ruang tamu lainnya.

Gunakan Cermin Untuk Memberikan Efek Luas

Sudah bukan rahasia lagi jika cermin mampu membuat ruangan menjadi lebih luas. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh melewatkannya ketika sedang mendesain ruang tamu. Namun penempatan cermin harus diperhatikan dengan baik. Posisi yang tepat untuk cermin di ruang tamu kecil adalah yang dekat dengan sumber cahaya. Jadi cermin akan terkena cahaya dan memberikan efek luas pada ruangan.

Pilih Rak yang Tinggi

Sebuah ruang tamu biasanya memiliki meja samping kecil yang digunakan untuk meletakkan pernak-pernik. Dibandingkan meja tersebut, akan lebih baik Anda memasang rak yang tinggi. Fungsinya bisa sebagai tempat penyimpanan dan memajang barang yang Anda sukai.

Selalu Jaga Kerapian dan Kebersihan

Hal terakhir yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan dan juga kerapian. Jika Anda mampu menata ruang tamu dengan rapi, maka ruang tamu bisa terlihat lebih luas.

Itulah inspirasi dekorasi dan desain ruang tamu berukuran kecil yang bisa Anda coba lakukan. Apabila mencari inspirasi desain lainnya, Anda bisa mencoba mencarinya di Master Rumah. Platform tersebut berisi orang-orang yang tertarik dengan desain. Anda bisa berbagi ide ataupun inspirasi agar mendapatkan desain sesuai kebutuhan dan keinginan. Website yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi yaitu www.masterumah.id.


Posting Komentar