Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak dengan Obat Alami

Sistem pencernaan anak yang belum cukup kuat membuatnya mudah terkena sakit perut. Ada beberapa hal yang bisa memicu munculnya rasa sakit pada perut Si Kecil mulai dari konsumsi makanan yang kurang higienis, alergi makanan, kembung, sembelit, kolik, alergi susu, dan lain sebagainya. Salah satu cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan obat alami. Ada beberapa pilihan obat sakit perut alami yang bisa Anda coba, di antaranya yaitu:

Teh Chamomile

teh herbal banyak digunakan sebagai obat sakit perut pada anak. Salah satu jenis teh herbal yang digunakan adalah teh chamomile. teh ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa meredakan rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada perut anak. Selain itu, teh chamomile juga memiliki efek seperti obat penenang.

Yogurt

Yogurt adalah makanan sehat yang dikenal baik untuk pencernaan anak. Bukan hanya itu saja, makanan olahan susu ini juga berguna untuk mengatasi sakit perut pada anak. Hal tersebut lantaran yoghurt memiliki kandungan bakteri baik atau probiotik yang bisa meringankan gangguan pencernaan atau perut kembung. Berdasarkan teh Daily Meal, yogurt juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Air Jahe

Cara mengatasi sakit perut pada anak selanjutnya yaitu menggunakan air jahe. Jahe yang termasuk ke dalam tanaman obat keluarga memiliki kandungan antioksidan dan gingerol. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk menurunkan produksi radikal bebas. Sifat anti inflamasi dari jahe juga bisa mengurangi rasa sakit perut yang diderita oleh Si Kecil. Bahkan jahe bisa menurunkan gejala mual akibat sakit perut.

Buah Pepaya

Buah pepaya ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut pada Si Kecil. Apalagi jika rasa sakit yang diderita Si Kecil diakibatkan oleh gangguan pencernaan konstipasi atau sembelit. Buah yang identik berwarna kuning dan oranye ini mengandung cymopapain dan enzim papain. Manfaatnya adalah memecah protein dan menurunkan tingkat keasaman di perut. 

Teh Hangat

teh hangat bisa menjadi alternatif pilihan apabila Anda tidak bisa menemukan teh chamomile. Efek hangat yang diberikan saat mengonsumsi teh bisa membuat perut Si Kecil tidak tegang dan lebih tenang. Namun sebaiknya berikan teh hangat tawar atau tanpa gula apabila ingin mengatasi sakit perut pada anak.

Teh Peppermint

Selain teh chamomile dan teh hangat, Anda juga bisa memberikan teh peppermint pada Si Kecil. Kandungan menthol pada peppermint berfungsi sebagai analgesik alami. Banyak orang menggunakan peppermint untuk menjaga kesegaran nafas, mengatasi rasa mual, hingga meringankan sakit perut. Berdasarkan sebuah studi yang pernah dilakukan, peppermint memiliki efek dalam menenangkan otot-otot perut.

Air Lemon Hangat

Air lemon memiliki sifat asam yang bisa membantu mengatasi sakit perut akibat kesulitan mencerna makanan. Asam dari buah lemon bermanfaat untuk pemecahan makanan sehingga mudah dicerna. Anda bisa memberikan air lemon hangat dengan sedikit gula agar rasanya tidak terlalu asam. Pastikan Si Kecil sudah cukup usia jika memberikan air lemon hangat sebagai obat sakit perut.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit perut pada anak dengan pemberian obat alami. Selain obat-obat tersebut, Anda juga bisa mengompres perut Si Kecil dengan handuk hangat. Sedangkan bagi profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak yang ingin mengembangkan ilmunya, Nutricia Professional menyediakan wadah. Melalui platform bertajuk sama yaitu Nutricia Professional, Anda bisa bergabung menjadi anggota dan bertukar ilmu dengan profesional lain. Penasaran dengan Nutricia Professional? Langsung kunjungi website resminya di www.nutriciaprofessional.id. 

Posting Komentar