Dikenal Sebagai Makanan Nutrisi Tinggi, Inilah 10 Kandungan Telur

Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang disukai si Kecil. Pasalnya makanan ini mudah dikreasikan dan memiliki rasa yang lezat. Hampir semua anak suka mengonsumsi telur sebagai salah satu menu makananya. Selain lezat, telur juga dikenal sebagai makanan nutrisi tinggi. Hal tersebut tidak lain lantaran telur memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat. Berikut ini 10 kandungan telur yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak:

Protein

Salah satu alasan mengapa telur dikatakan sebagai super food yaitu lantaran kandungan protein yang tinggi. Banyak ahli mengatakan jika telur menjadi salah satu sumber protein terbaik karena mengandung asam amino esensial. Manfaat protein yaitu memproduksi hormon, enzim, dan menjaga kesehatan otot serta tulang.

Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin adalah dua nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan mata si Kecil. Mereka yang mendapatkan asupan kedua nutrisi tersebut memiliki penglihatan yang tajam. Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga mampu membantu mengurangi degenerasi makula.

Kolin

Manfaat utama kolin yaitu untuk membangun membran sel. Oleh sebab itu, kolin dikenal sebagai nutrisi yang mampu meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak. Dalam satu butir telur, ada setidaknya 100 mcg kolin.

Omega 3

Kandungan penting dalam makanan nutrisi tinggi ini selanjutnya adalah omega 3. Biasanya lemak sehat ini ditemukan pada ikan, namun ternyata telur juga memilikinya. Manfaat omega 3 yaitu mencegah risiko penyakit jantung ketika dewasa, membantu mengembangkan memori kognitif, dan lain sebagainya.

Lemak Lengkap

Telur mengandung lemak lengkap yaitu lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Karena mampu memberi rasa kenyang, anak bisa terhindar dari obesitas. Cara pengolahan yang lebih tepat adalah direbus bukan digoreng.

Vitamin B2, B5, dan B12

Vitamin B2 memiliki peran dalam mengolah protein, karbohidrat, dan lemak. Vitamin B5 bermanfaat untuk membantu memproduksi hormon tertentu, membuat sel darah merah, dan menjaga kesehatan pencernaan. Sedangkan B12 berperan untuk menjaga kesehatan sel darah dan sistem saraf.

Vitamin D dan A

Vitamin D dikenal sebagai vitamin yang bisa didapatkan dari sinar matahari pagi. Telur menjadi satu-satunya makanan lezat yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin D. selain vitamin D, telur juga mengandung vitamin A. manfaat vitamin A yaitu menjaga sistem imun dan menyehatkan mata.

Fosfor

Fosfor dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bukan hanya itu saja, fosfor juga membantu menggerakkan otot dan juga membuat energi. Satu butir telur yang dikonsumsi si Kecil setiap hari memiliki kandungan 86 mg atau 9%.

Asam Folat

Asam folat juga termasuk ke dalam vitamin, tepatnya yaitu vitamin B9 di mana vitamin ini bisa larut dalam air. Banyak manfaat asam folat untuk kesehatan di antaranya yaitu membentuk sel tubuh, mencegah anemia, meningkatkan daya ingat, dan lain sebagainya.

Selenium

Selenium merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Manfaat utamanya yaitu mendukung fungsi kognitif dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. 

Itulah berbagai kandungan telur ayam yang baik untuk kesehatan si Kecil. Karena kandungannya yang lengkap tersebut, telur sering disebut sebagai super food. Namun pastikan si Kecil mendapatkan asupan telur yang tidak berlebihan. Bagi Anda yang ingin belajar mengenai pediatri dan nutrisi anak bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Platform tersebut dikhususkan untuk para tenaga kesehatan yang ingin mengembangkan kemampuan dan menambah ilmu. Kunjungi website Nutricia Professional di nutriciaprofessional.id untuk mengetahui lebih lengkap mengenai platform tersebut. 

Posting Komentar