Kenali Jenis dan Penyebab Alergi Pada Bayi Sejak Dini


Alergi merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi pada setiap orang. Bahkan, kondisi semacam ini juga sering terjadi pada bayi. Ada cukup banyak penyebab alergi pada bayi yang sering terjadi. Penyebabnya pun terbilang cukup beragam sekali. Ada jenis alergi yang ringan, juga ada yang serius.

Dengan mengenal jenis dan penyebabnya, bunda bisa mengetahui kapan harus mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Berikut akan kami paparkan informasi di sini secara detail.

Penyebab Alergi Pada Anak


Pertama mari kita kenali terlebih dahulu penyebabnya. Tujuan mengetahui penyebabnya agar bunda bisa lebih waspada terhadap beberapa gangguan kesehatan yang terjadi pada si kecil. Adapun penyebab-penyebabnya yaitu seperti:

1.  Faktor Genetik

Gangguan kesehatan ini juga bisa terjadi akibat faktor genetik. Kebanyakan orang masih belum menyadarinya bahwa ternyata, faktor ini bisa menjadi salah satu penyebab yang umum terjadinya alergi pada bayi.

Orangtua yang memiliki riwayat alergi, biasanya akan diturunkan kepada bayinya. Tingkat risiko dari faktor genetik ini pun tergolong cukup tinggi dan menjadi salah satu penyebab yang paling sering terjadi.

2.  Faktor Makanan

Sama seperti orang dewasa, sebagian bayi juga akan alergi pada beberapa jenis makanan-makanan tertentu. Maka dari itu, Anda harus mempertimnbangkan jenis makanan pelengkap ASI yang akan diberikan kepada si kecil.

Jika si kecil alergi terhadap makanan, sebaiknya bunda hentikan terlebih dahulu penyajian makanan tersebut. Silahkan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi makanan yang tepat.

3.  Faktor Lingkungan

Lingkungan yang kurang sehat juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh si kecil, salah satunya yaitu alergi. Sama seperti penyebab lainnya, faktor lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang umum terjadi.

Meski begitu, jika lingkungannya sehat, maka penyebab yang satu ini umumnya tidak pernah muncul, dan bahkan lebih sering ditemui dari makanan dibandingkan dari faktor lingkungan.

4.  Gigitan Serangga

Menjaga kebersihan rumah tidak hanya sekedar menghilangkan debu dan kotoran semata. Membersihkan rumah juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengusir serangga yang datang ke rumah.

Beberapa jenis serangga juga bisa menjadi penyebab timbulnya alergi pada si kecil. Maka dari itu, cek area tempat tidur dan tempat bermain bayi. Gigitan serangga juga dapat menimbulkan bengkak, kulit memerah, dan gatal.

5.  Kondisi Penyakit Tertentu

Alergi juga bisa diakibatkan oleh kondisi penyakit tertentu yang memerlukan diagnosa seorang ahli kesehatan. Jika penyebabnya bukan salah satu dari penyebab-penyebab di atas, sebaiknya bunda coba periksa ke dokter terdekat.

Beberapa Jenis Alergi Pada Anak

Secara medis, ada beberapa jenis alergi yang biasanya muncul pada kulit si kecil. Adapun jenis-jenisnya yaitu seperti:

1.  Eksim

Penyakit eksim merupakan masalah kesehatan kulit akibat riwayat alergi makanan, asma, hingga rhinitis alergi. Tandanya diawali dengan munculnya ruam pada wajah atau kepala.

2.  Dermatitis Kontak

Alergi yang satu ini merupakan jenis alergi bayi akibat terpapar zat pemicu alergi atau disebut alergen. Alergi ini ditandai dengan kulit yang menjadi berwarna kemerahan. Jika semakin serius, kondisi ini bisa menyebabkan ruam yang besar, rasa terbakar, dan gatal.

3.  Alergi Karena Air Liur

Air liur yang membasahi mulut dan dagu si kecil ternyata bisa juga menyebabkan alergi. Hal ini ditandai dengan warna kulit yang berubah menjadi merah dan adanya benjolan kecil.

4.  Urtikaria Kronis

Jenis alergi ini tergolong yang paling berat dan membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Tandanya yaitu ruam kemerahan yang lebar, kulit kering, hingga sulit bernafas.

Itulah berbagai jenis dan penyebab alergi pada anak. Hubungi dokter jika kondisi alergi pada si kecil semakin parah.

Posting Komentar