Tips Program Ekstensi D3 ke S1 yang Wajib Diketahui

program ekstensi d3 ke s1

Program D3 masih menjadi salah satu program pendidikan yang paling diminati. Meskli begitu, tidak sedikit juga mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke S3. Untuk mewujudkannya, program ekstensi D3 ke S1 adalah solusinya. Melalui program ini, lulusan D3 memiliki kemungkinan untuk bisa mewujudkan keinginannya.

Namun, Anda tidak boleh begitu saja mengikuti program tersebut. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar proses program tersebut berjalan sesuai rencana. Nah, berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum mengikutinya:

1. Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat

Penting untuk Anda ketahui, bahwa tidak semua perguruan tinggi menyediakan program ini. Jadi, sebelum Anda mengikutinya, sebaiknya cari atau pilih perguruan tinggi yang menyediakan program tersebut. Informasi bisa langsung Anda temukan melalui website perguruan tinggi terkait.

program ekstensi d3 ke s1

Atau, untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda kunjungi langsung perguruan tinggi yang rencananya akan dipilih untuk mengikuti program tersebut.

2. Memilih Fakultas yang Sebidang

Jangan lupa juga untuk memilih fakultas atau jurusan satu bidang dengan jurusan D3 sebelumnya. Misalnya, jika sebelumnya mengambil teknik informatika, maka, di program ekstensi juga Anda harus mengambil fakultas yang sama. Karena, arti kata “ekstensi” sendiri yaitu perpanjangan.

Jadi, di sini Anda akan melakukan perpanjangan kuliah dari D3 ke S1. Namun, terkait masalah fakultas ini, Anda tidak perlu bingung. Silahkan pilih dulu jurusan yang linear, kemudian nanti pihak kampus yang akan memutuskan sisa jumlah SKS yang harus diambil.

3. Pili Universitas yang Kredibel

Jangan lupa untuk memilih universitas yang kredibel dan terpercaya. Karena, kualitas tempat pendidikan Anda menjamin kualitas pendidikan yang juga nantinya Anda dapatkan. Silahkan lakukan survey terlebih dahulu terkait universitas yang ingin Anda pilih.

Setelah itu, silahkan lakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan masing-masing universitas.

Program Ekstensi di IDS Digital Collage

Bingung mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan program ekstensi? IDS Digital Collage adalah salah satu tempat terbaik yang cocok untuk program tersebut. Anda bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang jempolan di IDS. Karena, IDS memiliki banyak keunggulan sebagai berikut:

1. Mata Kuliah Populer

Silahkan Anda pilih mata kuliah yang disediakan. Di IDS, semua mata kuliah disediakan merupakan yang paling populer. Mulai dari jurusan teknik informatika, software engineering, cyber security, dan beberapa mata kuliah populer lainnya.

2. Tenaga Pengajar Berkualitas

Anda akan belajar dari tenaga pengajar yang sudah ahli dalam bidangnya. Tenaga pengajar yang berkualitas akan menentukan seberapa besar pengaruh pada pelajaran yang Anda terima kelak. Nah, IDS, memiliki tenaga pengajar terbaik yang cocok untuk program ekstensi Anda.

3. Lingkungan nyaman dan Kondusif

Jika Anda ingin lembaga pendidikan dengan tempat belajar yang nyaman, IDS adalah salah satu yang terbaik. Tempatnya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas belajar yang lengkap. Dengan lingkungan belajar yang kondusif dan fasilitas lengkap, proses belajar pun akan jauh lebih nyaman.

Kesimpulan

Program ekstensi adalah suatu upaya agar lulusan D3 bisa melanjutkan ke S1. Namun, perlu diperhatikan, bahwa tidak semua perguruan tinggi memiliki program tersebut. Tapi, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena, Anda bisa memilih program ekstensi dari IDS Digital Collage. Cara pengajuan pun bisa dilakukan secara online, lho.

Demikian penjelasan seputar tips sebelum mengikuti program ekstensi D3 ke S1. Melalui informasi di atas, sedikit banyaknya kini Anda tahu hal apa saja yang harus disiapkan jika ingin mengikuti program tersebut. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengikutinya.

Posting Komentar