Manfaat Mengenalkan Musik Sejak Dini



Musik merupakan salah satu hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Ketika Mam akan menidurkan si Kecil, menyalakan musik terkadang menjadi salah satu cara yang dipilih agar mereka bisa tenang dan tidur. Tidak hanya itu saja, musik ternyata juga memiliki lebih banyak manfaat jika diperkenalkan pada si Kecil sejak dini. Apa saja manfaatnya tersebut? Berikut ini pembahasan selengkapnya:

Perkembangan Bahasa dan Komunikasi

Menurut para ahli, musik ternyata mampu menstimulasi indra pada tubuh manusia. Jadi si Kecil secara tanpa sadar akan terlatih untuk mendengar, berbicara, serta membaca apabila dia menyanyi sambil melihat lirik lagunya. Tidak hanya perkembangan bahasanya saja yang meningkat namun perkembangan komunikasinya juga meningkat. Pasalnya, si Kecil akan berinteraksi dengan orang sekitar agar bisa menyanyikan sebuah lagu.



Melatih Motorik

Manfaat memperkenalkan musik untuk si Kecil selanjutnya adalah melatih motorik. Mendengarkan atau memainkan alat musik sama-sama mampu melatih motorik halus dan motorik kasar si Kecil. Salah satu contohnya yaitu ketika si Kecil memainkan piano, maka mata, tangan, dan anggota tubuh akan bergerak mengikuti ritme atau tempo musik yang terdengar dari alat musik yang ia mainkan.

Meningkatkan Literasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah pengetahuan yang didapatkan untuk kecakapan hidupnya. Jadi literasi penting bagi masa depan si Kecil nantinya ya Mam. Musik yang diperkenalkan sejak dini dapat membantu si Kecil mempelajari kosakata baru beserta dengan pelafalannya secara lebih menyenangkan.

Memberi Mood yang Positif

Musik menjadi salah satu cara yang bisa membantu meningkatkan mood si Kecil menjadi lebih baik. Mam bisa memilihkan lagu yang ia sukai dengan irama yang ceria agar mood-nya selalu positif. Dengan mood yang selalu positif maka si Kecil akan lebih semangat untuk memulai aktivitas sehari-harinya.

Stimulasi Kognitif

Manfaat memperkenalkan musik yang terakhir adalah menjadi salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan kognitif si Kecil. Ketika si Kecil mendengarkan musik, ia akan berkonsentrasi dan berpikir agar mampu mengingat lirik, nada, maupun tempo dari musik yang disukainya.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ ╬▒Lipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. 

Apabila si Kecil mengalami masalah makan, Mam bisa memilih susu Wyeth Nutrition varian S26 NutriSure. Setelah masalah makan selesai, Mam bisa menggantinya dengan susu S-26 GOLD.

Posting Komentar