Tertarik Kuliah Sambil Kerja? Begini Keuntungannya

kuliah sambil kerja
Dalam hidup, mencari ilmu tidak memiliki batasan apapun asalkan ada kemauan yang kuat. Bahkan, kuliah juga bisa dilakukan sambil bekerja asalkan Anda bisa membagi waktu dengan baik. Secara pembelajaran, perkuliahan ini tidak berbeda dengan perkuliahan reguler pada umumnya. Hanya saja, mahasiswa perlu membagi waktu dengan baik. Nah, berikut ini beberapa keuntungan kuliah sambil kerja yang dapat dijadikan pertimbangan.

Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja


Adapun keuntungan menempuh pendidikan sekolah tinggi sambil bekerja yaitu:

Menambah Ilmu dan Pengalaman


Keuntungan utama yang diperoleh ketika kuliah sambil bekerja yaitu menambah banyak ilmu yang didapatkan dari perkuliahan maupun dunia kerja. Selain ilmu, Anda tentu akan mendapatkan banyak pengalaman dimana pengalaman tersebut belum tentu dimiliki oleh orang yang bekerja saja atau kuliah saja.

Sudah Mengenal Dunia Kerja


Menjalankan perkuliahan sambil bekerja bisa membuat Anda lebih paham tentang dunia kerja sehingga tidak kaget terhadap persaingan dan segala bentuk permasalahan yang akan terjadi nantinya. Jika jurusan yang diambil sesuai dengan bidang kerja, maka penerapan ilmu bisa dilakukan secara langsung sehingga lebih bermanfaat.

Meningkatkan Integritas Diri


Kuliah sambil bekerja bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan integritas diri. Selain ilmu yang bertambah, pola pikir Anda juga akan lebih maju sehingga kemampuan problem solving semakin terasah. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan dalam bekerja dan meraih jenjang karir.

Lebih Disiplin dan Bertanggungjawab


Kuliah yang dilakukan sambil bekerja akan menuntut mahasiswa untuk lebih cermat dalam membagi waktu. Tidak hanya membagi waktu kuliah dan bekerja, tetapi membuat jadwal yang tepat untuk menyelesaikan semua tugs-tugas kuliah secara tepat waktu. Secara tidak langsung, hal ini akan membentuk diri menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab.

Memiliki Mental yang Lebih Kuat


Mengikuti perkuliahan sambil bekerja akan sangat memforsir waktu, pikiran maupun tenaga Anda. Meski begitu, kegiatan ini akan membuat mental menjadi lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi setiap tekanan yang muncul.

Memiliki Banyak Relasi


Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berkuliah sambil bekerja yaitu memiliki banyak relasi, baik dari lingkungan kerja maupun kuliah. Relasi ini akan sangat bermanfaat untuk Anda kedepannya seperti mencari lowongan pekerjaan, mencari informasi di bidang tertentu dan masih banyak lagi.

Dimana Bisa Kuliah Sambil Bekerja?


Sebenarnya saat ini telah banyak lembaga pendidikan yang menawarkan program perkuliahan sambil bekerja. Program ini dibuat khusus untuk memfasilitasi para pekerja yang ingin meningkatkan skill dan kecakapan diri. Salah satu institut pendidikan yang menawarkan program tersebut yaitu IDS Digital College.

Sekolah digital ini menawarkan beberapa program S1 yang dapat diambil oleh para pekerja seperti Software Engineering, Mobile Apps & Game Development dan Cyber Security. Program ini menyediakan beberapa pilihan jadwal kuliah yang dapat disesuaikan dengan jam kerja mahasiswanya.

Meskipun jadwal kuliahnya fleksibel, materi kuliah yang disajikan oleh IDS Digital College sangatlah lengkap mulai dari materi dasar hingga materi lanjutan. Tidak hanya itu, sekolah ini juga memberikan beberapa penugasan dengan metode pendekatan praktik kerja secara nyata untuk melatih skill mahasiswanya.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh IDS Digital College yaitu pembelajaran dari profesor PSG College of Technology India. Jadi, bisa dipastikan bahwa kurikulumnya sudah menggunakan standar internasional. Menarik bukan menjalani kuliah sambil kerja? Semoga bermanfaat.

Posting Komentar