5 Bahan untuk Membuat Dompet Pouch Terbaik

pouch

Berkembangnya teknologi di dunia percetakan saat ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat berbagai barang dalam bentuk custom. Tidak hanya cetak kertas saja, bahkan Anda juga bisa mencetak pada kain atau yang dikenal dengan istilah textile printing. Salah satu barang yang sering dibuat secara custom untuk berbagai kebutuhan adalah dompet pouch. Dompet ini menjadi wadah serbaguna yang sering dijadikan souvenir pada pernikahan, pelatihan, seminar, atau acara lainnya.

Dalam membuat dompet custom, bahan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Jika mengetahui karakteristik bahan yang biasa digunakan untuk membuat dompet tersebut maka Anda bisa memilih bahan terbaik sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah 5 bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan dompet pouch:



Kain Kanvas


Kanvas merupakan bahan pertama yang seringkali digunakan untuk membuat dompet. Tidak hanya dompet saja, bahan ini juga biasa digunakan pada pembuatan tas. Adapun karakteristik yang dimiliki yaitu halus, tebal, namun tidak kaku. Bahan kain kanvas pada umumnya memiliki warna keabu-abuan atau putih gading. Warna yang dimiliki tersebut karena proses pemutihan yang dilakukan pada bahan utamanya yaitu kain mori.

Kain Blacu


Kain selanjutnya yang biasa digunakan untuk membuat dompet adalah kain blacu. Sama seperti kanvas, kain ini juga biasa dipakai untuk membuat tas. Ada beberapa kesamaan dari kanvas dan blacu karena kedua bahan ini menggunakan bahan dasar yang sama yaitu mori. Kain blacu merupakan kain yang terbilang murah sehingga cocok untuk Anda dengan budget minim. Namun dibandingkan kanvas, kain ini lebih tipis.

Kain Perca


Sepertinya sudah banyak dari Anda yang tahu apa itu kain perca. Kain ini bisa dibilang populer dan banyak orang memanfaatkannya untuk pembuatan berbagai barang. Pasalnya, kain perca merupakan kain yang berasal sisa-sisa bahan yang sudah tidak terpakai.

Karena merupakan bahan sisa maka dompet yang dibuat dengan kain perca memiliki harga yang relatif sangat murah. Anda yang sedang mengadakan acara dengan budget terbatas bisa memilihnya. Tidak perlu membubuhkan atau mencetak motif, berbagai bahan sisa yang digunakan bisa menghasilkan motif tersendiri.

Kain Spunbond


Spunbond juga termasuk bahan yang murah dibandingkan bahan lain. Jadi tidak heran jika kekuatannya kalah dengan bahan jenis lainnya. Kain spunbond dibuat dengan mengolah serat panjang yang kemudian dikombinasikan dengan cat pelarut dan bahan kimia yang dipanaskan.

Kain Drill


Drill merupakan kain yang dibuat dari serat dan juga garis-garis miring yang terbuat dari campuran polyester dengan katun. Bahan ini bisa dibilang sebagai bahan paling bagus sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan kualitasnya yang tinggi, drill sangat cocok digunakan pada proses textile printing ataupun sablon. Karakteristik bahan drill yaitu kuat, tidak mudah kusut, dan tidak mudah pudar jika diwarnai.

Itulah 5 kain yang paling sering digunakan dalam pembuatan dompet pouch. Dari kelima bahan di atas, kain drill merupakan bahan terbaik dan terbilang paling efisien. Dompet Anda akan memiliki kualitas yang baik apabila menggunakan kain ini sebagai bahan. Jika ingin hasil custom lebih baik lagi, Anda bisa memilih jasa cetak digital Snapy untuk membuatnya.

Snapy merupakan jasa cetak digital pada kertas maupun kain yang bekerja secara online dan offline. Jadi Anda yang memiliki kesibukan tinggi tetap bisa melakukan pemesanan dari mana saja dan kapan saja. Untuk desain custom-nya, Anda bisa menggunakan desain sendiri, memanfaatkan template yang ada, atau memesan desain eksklusif dari tim Snapy. Informasi lebih lengkapnya mengenai layanan Snapy bisa Anda simak langsung di website snapy.id.


Posting Komentar