Kenali Tahapan Makanan yang Tepat Untuk Bayi

susu bubuk
Susu bubuk

Memiliki buah hati adalah karunia Tuhan yang paling berharga. Oleh karenanya setiap orang tua haruslah belajar bagaimana mengasuh dan mengurusnya dengan baik dan benar. Bayi dilahirkan dengan organ yang belum sempurna, sehingga ia harus beradaptasi dengan lingkungannya. Salah satunya adalah organ pencernaan, sehingga pemberian makanan ataupun susu bubuk tidaklah bisa sembarangan.

Pencernaan bayi sangatlah sensitif, ia belum bisa mencerna dengan sempurna. Sehingga makanan yang masuk ke dalamnya haruslah makanan yang siap serap tanpa harus melalui proses cerna yang panjang. 

Berikut ini adalah beberapa jenis makan sesuai tahapan usianya :



Asi

Asi merupakan makanan terbaik bagi bayi. Asi dapat diberikan langsung pada hari pertama bayi lahir ke dunia. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat tepat dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Sangat disarankan bayi usia 0 – 6 bulan hanya mengkonsumsi asi sambil melatih organ pencernaannya.

Susu Bubuk

Susu bubuk atau susu formula adalah makanan tambahan ataupun makanan pengganti jika ASI ibu tidak mencukupi. Susu bubuk ini biasanya terbuat dari susu sapi yang diolah sehingga pastikan memberikan susu bubuk sesuai dengan tingkatan usia yang ada di kemasan. Susu bubuk Lactogrow merupakan salah satu susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, karena formula dan gizinya yang tepat untuk anak.

Bubur saring

Tahapan selanjutnya adalah bubur saring yang cair. Bubur jenis ini pada tahap pertama pengenalan sebaiknya terbuat dari satu jenis makanan seperti beras merah atau kacang hijau. Pastikan dibuat dengan encer agar mudah diserap oleh tubuh bayi.

Bubur pure

Tahapan selanjutnya adalah bubur pure. Bubur jenis ini terbuat dari dua atau tiga jenis makanan yang dicampurkan menjadi satu. Bentuk bubur pure lebih padat dari pada bubur saring. Pada tahapan ini pastikan tidak memberikan tambahan perasa seperti garam atau gula agar anak mengenal rasa asli dari berbagai jenis makanan.

Tahapan selanjutnya adalah bubur tim kemudian menjadi nasi tim, dan pada akhirnya nasi biasa. Dengan memberikan makanan dan susu bubuk sesuai dengan usianya organ pencernaan bayi akan berkembang dengan baik.

Posting Komentar