Warna Berlian Terbaik Untuk Valentine Nanti

Warna Berlian Terbaik
Di setiap belahan bumi manapun, di penjuru dunia, wanita pasti paham tentang keindahan berlian. Apalagi ketika berlian tersebut dikenakan di salah satu anggota tubuh mereka sebagai perhiasan seperti kalung, anting, hingga cincin berlian yang sering diberikan pasangan di hari bahagia seperti pertunangan ataupun valentine. Namun diantara para wanita, sepertinya masih banyak yang belum mengetahui bahwa warna berlian tidak melulu putih, justru masih ada banyak warna berlian terbaik lainnya yang layak untuk dikenakan dan terlihat anggun. 

Sedikit memahami tentang berlian, seperti yang kita ketahui bahwa berlian menjadi salah satu benda terkuat yang ada di bumi. Percaya atau tidak, berlian tidak akan tergores oleh benda apapun di dunia ini kecuali dengan berlian lainnya. Ini juga yang membuat berlian menjadi begitu eksklusif untuk dikenakan bagi wanita. Namun kali ini kita tak perlu membahas kekuatan berlian, melainkan bagaimana warna berlian menjadi bisa begitu indah. 

Warna Berlian Terbaik


Daftar warna berlian terbaik yang ada di dunia 


Dari sekian banyak warna berlian yang telah ditemukan, namun otoritas pemeriksa berlian atau yang biasa disebut The Gemological Institute of America (GIA) memberikan standar warna bagi berlian sejauh ini dengan skala berupa grade D hingga grade Z. Skala dimulai dari grade D dimana ini diberikan berlian yang tidak memiliki warna, atau bening, kemudian berlanjut ke grade selanjutnya perubahan warna hingga menuju grade Z dimana berlian akan berwarna kuning atau coklat. Menariknya, meskipun terdapat banyak pilihan warna berlian, namun tetap saja berlian dengan grade D atau yang memiliki warna bening yang lebih mahal dipasaran.  Mengapa demikian? 

Semakin berwarna berlian akan semakin murah, benarkah? .


Jawaban dari pertanyaan sebelumnya adalah karena semakin berlian memiliki warna lain khususnya kuning yang terang, maka warna tersebut akan menurunkan harga berlian karena dianggap sudah tidak murni lagi. Namun satu hal yang perlu diingat oleh mereka yang hendak membeli berlian bahwa tidak ada sebuah berlian yang benar-benar murni dan sempurna. Semuanya akan terpengaruhi oleh zat kimia yang ada di lingkungan sekitar. 

Sayangnya, Anda jangan terkecoh dengan warna tersebut, ada juga warna berlian yang dianggap sangat langka dan sangat susah untuk didapat, bahkan memiliki harga yang sangat mahal dari berlian bening sekalipun, yakni berlian dengan warna pink, biru dan merah. Setidaknya di dunia ini persentase kemungkinan adanya berlian ini hanya sekitar 0,1 persen dari seluruh hasil tambang berlian.  Lantas, apakah Anda ingin memilikinya? 


Mengapa berlian bisa memiliki warna lain? 


Seperti yang telah dijelaskan diatas, timbulnya perubahan warna pada berlian dipengaruhi oleh zat sisa dari mineral, atau berkat kontaminasi dari zat kimia lain. Sebagai contoh, berlian dengan warna kuning biasanya telah terkontaminasi oleh zat sisa nitrogen yang terdapat pada karbon berlian. Berbicara mengenai gradasi warna, maka pemotongan berlian juga berpengaruh mengenai warna yang lebih pekat atau lebih terang. 

Namun untuk mendapatkan perbedaan warna berlian terbaik yang benar-benar spesifik, sepertinya akan sulit dilakukan untuk berlian dengan grade D, E hingga F yang semuanya harus berdasarkan hasil deteksi dari gemologist.  Di lain sisi, berlian dengan grade diatas N hingga R biasanya akan sulit membedakan perubahan warna hanya berdasarkan mata telanjang. Jadi dengan kata lain, Anda yang ingin membeli berlian harus memahami terlebih dahulu apa warna berlian Anda berdasarkan hasil penelitian lembaga terkait, sehingga mengetahui dengan pasti berapa harga berlian tersebut sebenarnya. 



Posting Komentar