Gadget sebagai Alternatif Didikan Orang Tua

Gadget sebagai Alternatif Didikan Orang Tua
Yang menjadi kendala saat ini sebagai orang tua dalam mendidik anaknya ialah perbedaan jaman serta didikan yang terpaut jauh berbeda dengan kebiasaan didikan orang tua jaman dulu. Kebanyakan orang tua jaman sekarang banyak yang megeluhkan susahnya mendidik anak, karena pengetahuan orang tua lebih minim dibanding anak. 

Anak sekarang sudah memahami dalam penggunaan berbagai tekhnologi sebagai pemanfaatan informasi di era modern, sedangkan orang tua kurang begitu memahaminya tentang hal tersebut. Maka dari itu, perlu kiranya orang tua memahami lebih jauh tentang perkembangan tekhnologi jaman sekarang agar dapat memanfaatkan tekhnologi sebagai alternatif didkkan kepada anak.
Gadget sebagai Alternatif Didikan Orang Tua
Pada generasi alpha sangatlah diperlukan pengetahuan orang tua yang lebih memahami akan kemajuan digital, seperti gadget. Gadget yang semakin canggih dan mudah dioperasikan oleh anak, menjadi satu tantangan bagi orang tua dalam mengarahkannya. Dihawatirkan dengan adanya gadget, si anak lebih dominan tertutup dan semakin susah untuk bersosialisai. Apalagi gadget sekarang ini sudah dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan anak.

Sebagai bahan kehati-hatian orang tua dalam memberikan suatu sarana informasi bagi anak, sebaiknya orang tua tersebut lebih memahami tentang tekhnologi dalam penggunaannya. Tetapi apabila orang tua lebih memahami hal positif dari kemajuan tekhnologi, maka sarana komunikasi dan informasi seperti gadget dapat pula dijadikan sarana alternatif dalam mendidik anak pada generasi alpha.

1. Berikan gadget dengan fitur yang telah pasang sebagai bahan ilmu tambahan bagi anak
Misalkan pemasangan aplikasi berbasis ilmu pengetahuan umum. Anak lebih cenderung pada penggunaan gadget sebagai tranfer komunikasi dan media informasi. Yang perlu orang tua lakukan ialah mengarahkan agar si anak dapat membuka aplikasi yang berbasis ilmu tentang wawasan umum, agar gadget tersebut bisa dinilai postif saat digunaakan oleh anak.

2. Pasang aplikasi bermain sambil belajar
Banyak ditemukan di media internet beberapa aplikasi bermain anak sambil belajar. Anda bisa memasangnya di gadget anak, agar didikan sebagai orang tua bisa masuk meskipun melalui sarana gadget.

Itulah 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengubah atau menambah fungsi gadget sebagai alternatif didikan orang tua kepada anak saat berada di masa generasi alpha. Sebaiknya berikan juga Dancow, agar anak dapat menyeimbangkan kemampuan daya pikir dan motoriknya pada kemajuan era digital ini.

Posting Komentar