Atasi Inkontinensia Urin dengan Pampers Lansia


Urinary incontinence atau inkontinensia urine merupakan kondisi medis yaitu hilangnya kontrol otot kandung kemih yang menyebabkan orang kesulitan menahan buang air kecil. Biasanya, kondisi ini terjadi pada orang yang sudah lanjut usia atau lansia. Pampers lansia biasanya digunakan untuk mengatasi inkontinensia urin ini. 

Latihan untuk Meringankan Inkontinensia Urin

Ada beberapa latihan yang dipercaya mampu meringankan masalah inkontinensia urin, berikut di antaranya:

1. Senam Kegel

Senam kegel merupakan jenis senam yang identik dengan wanita yang hamil. Namun, ternyata jenis senam satu ini memiliki banyak manfaat, termasuk meringankan inkontinensia urin. Gerakan-gerakan pada senam kegel dapat mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul. Selain itu, gerakan pada senam kegel juga membantu melakukan kontraksi secara tidak sadar sehingga dapat menahan urin yang keluar.

2. Intervensi Perilaku

Intervensi perilaku merupakan latihan yang sangat penting untuk meringankan inkontinensia urin. Lansia harus mulai mengubah kebiasaan diri sehingga bisa meringankan maupun mencegah inkontinensia urin. Dua cara yang dilakukan pada saat intervensi perilaku yaitu menjaga pola makan agar berat badan lebih ideal. Satu lagi yaitu melakukan buang air kecil secara berkala misalnya setiap 2 sampai dengan 4 jam. Hal tersebut membantu tubuh untuk terbiasa buang air kecil meskipun kandung kemih belum penuh. 

3. Double Voiding

Terakhir yaitu double voiding. Tujuan dari latihan double voiding yaitu memompa urin agar kandung kemih kosong sepenuhnya. Cara melakukannya dengan menahan urin pada saat buang air kecil. Setelah membiarkan urin keluar untuk sesaat, lalu tahan lagi, dan buang air kecil lagi dalam kondisi duduk atau jongkok. Buang air kecil dua kali dalam satu waktu mengurangi inkontinensia urin karena dapat mengosongkan urin yang ada pada kandung kemih. 

Rekomendasi Pampers Lansia

Jika orang tua Anda mengalami inkontinensia urin, maka cara satu-satunya untuk membantu mencegah risikonya yaitu menggunakan pampers lansia. Confidence merupakan salah satu brand popok untuk lansia yang bisa Anda jadikan pilihan. Produknya beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada tipe perekat maupun celana yang tipis dan nyaman dipakai setiap hari. Beberapa varian lainnya seperti ekstra serap, night ekstra serap dan kering, night ekstra serap dan nyaman, serta menyerap kering. Daya tampungnya pun juga beragam mulai dari daya tampung sedikit sampai dengan banyak.


Posting Komentar