Serba Serbi Kuliah S2 Online yang Menguntungkan



Kuliah online yang sering dilakukan akhir-akhir ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Biasanya program kuliah online ditawarkan hanya untuk jenjang S2 saja. Pasalnya sebagian besar mahasiswa S2 memiliki kesibukan sehingga memilih untuk kuliah S2 online dibandingkan offline atau reguler. Adanya program kuliah online ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk Anda yang sudah bekerja. Artikel ini membahas mengenai serba serbi kuliah online di jenjang pendidikan S2:

Keuntungan Kuliah Online 

Berikut ini adalah keuntungan bagi Anda yang mengambil kuliah online jenjang S2:

  1. Fleksibel dari mana saja

Mahasiswa S2 berbeda dengan mahasiswa reguler yang bisa fokus kuliah. Memilih kuliah online menjadi solusi karena bisa dilakukan dari mana saja. Jadi tidak meninggalkan tanggung jawab lainnya.

  1. Tidak mengganggu kerja

Banyak juga mahasiswa S2 yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Mereka melanjutkan pendidikan agar mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan aman. Kuliah online membantu Anda mempertahankan pekerjaan serta meraih peluang yang lebih tinggi.

  1. Lebih hemat biaya

Kuliah online bisa dilakukan dari mana saja. Anda bisa melakukannya di rumah ataupun di mana saja. Karena tidak harus ke kampus, Anda bisa lebih hemat biaya. Bahkan Anda bisa kuliah dari kota yang berbeda dengan kota kampus.

  1. Melatih manajemen waktu dan kedisiplinan

Menjalankan perkuliahan dan aktivitas lain dalam sekali waktu tentu saja tidak mudah. Apalagi keduanya sama-sama tanggung jawab yang tidak boleh dihilangkan. Karena kesibukan bertambah dengan kuliah online, Anda tentu saja akan lebih pintar manajemen waktu agar keduanya berjalan dengan baik.

Tips Kuliah Online Agar Efektif


Berikut ini tips yang bisa diterapkan agar perkuliahan online tetap memberikan ilmu untuk Anda:

  1. Beritahu keluarga

Langkah terpenting yang harus Anda lakukan adalah memberitahu keluarga jika Anda menempuh pendidikan S2 secara online. Jadi ketika sedang zoom atau kuliah online, tidak ada gangguan dari keluarga. 

  1. Cari tempat yang nyaman

Pastikan Anda memiliki tempat tersendiri untuk melakukan kuliah online. Tempat tersebut harus nyaman sehingga materi yang diajarkan bisa dipahami dengan mudah. Pasalnya kelas online lebih banyak gangguannya dibandingkan kelas offline.

  1. Cari kampus dengan sistem online sekaligus offline

Tips agar kuliah online efektif terakhir adalah memilih kampus yang menawarkan sistem hybrid. Artinya kampus tersebut menerapkan sistem pembelajaran online, namun terkadang juga menerapkan sistem offline. Dengan sistem hybrid tersebut, Anda juga bisa bertemu mahasiswa lain untuk menambah jaringan pertemanan.

Rekomendasi Kampus dengan Program Kuliah Online

Siapa bilang kuliah online jenjang S2 tidak bisa dilakukan di kampus ternama. UI atau Universitas Indonesia merupakan kampus ternama yang menawarkan program kuliah online. Bahkan program kuliah ini sudah dijalankan sejak tahun 2002 lalu.

Konsep pendidikan yang digunakan adalah Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Mahasiswa juga bisa memilih kombinasi pembelajaran online dan offline agar efektif. Namun tidak semua jurusan menawarkan program kuliah online. Jadi pastikan jurusan yang Anda inginkan tersedia.

Aktivitas kuliah online di kampus ternama ini dilakukan dengan sangat baik. Program kuliah online yang digunakan melalui internet memiliki fitur untuk menunjang pendidikan. Contoh fiturnya yaitu tugas kuliah atau assignment, materi yang bisa diunduh, forum diskusi, quiz, pemantauan aktivitas peserta, dan lain sebagainya.

Itulah serba serbi mengenai kuliah S2 online yang perlu Anda ketahui. Sangat menguntungkan bukan? Dengan adanya program kuliah ini, Anda tetap bisa menjalankan pekerjaan dan perkuliahan dengan mudah hingga mendapatkan gelar Magister. Jika tertarik untuk kuliah online jenjang S2, informasi pendaftaran program kuliah di Universitas Indonesia bisa Anda lihat di www.ui.ac.id

Posting Komentar