Penyebab dan Cara Perawatan Kucing dengan Gangguan Saluran Kemih

Salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi pada kucing adalah masalah saluran kencing. Masalah saluran kemih pada kucing biasanya ditandai dengan beberapa perubahan perilaku kucing.

Kucing rumahan biasanya buang air kecil di kotak pasir sehingga pemilik sering kali lebih sadar akan kebiasaan buang air kecil kucing mereka. Jika kebiasaan ini berubah, bisa jadi kucing Anda mengalami masalah pada kesehatan kucing yang perlu segera ditangani. Karena, jika masalah ini dibiarkan dapat memperburuk kondisi kucing. 

Masalah kemih yang serius bahkan dapat berujung pada kematian. Jika kucing peliharaan Anda mengalami kesulitan buang air kecil, segeralah memeriksakannya ke dokter hewan dan segera memulai perawatannya.

Penyebab Masalah Saluran Kandungan Kemih Pada Kucing

Beberapa masalah kencing yang bisa dialami kucing biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

Sistitis

Kondisi ini disebabkan oleh peradangan yang berlebihan dan kelainan lainnya pada kandung kemih atau uretra. Karena peradangan dan juga perubahan pada kandung kemih inilah yang dapat menyebabkan lapisan kandung kemih dan uretra mengalami iritasi serta meradang yang membuat tidak nyaman dan sulit untuk buang air kecil. 

Biasanya, sistitis pada kucing paling sering terjadi karena stres dan kecemasan.

Infeksi

Perlu diketahui, infeksi saluran kemih (ISK) bisa juga terjadi pada kucing ketika bakteri masuk ke kandung kemih. Bakteri ini dapat menyebabkan peradangan dan membuat kucing tidak nyaman bahkan kesulitan untuk buang air kecil secara normal.

Penyumbatan

Gangguan kencing pada kucing juga bisa diakibatkan karena peradangan yang berlebihan atau batu di kandung kemih, dan membuat penyumbatan sehingga membuat kucing tidak dapat buang air kecil dan bahkan mengancam nyawanya.

Masalah ginjal

Kucing bisa saja mengalami gangguan saluran pada kandungan kemihnya akibat masalah ginjal. Seperti, gagal ginjal, infeksi, radang, dan batu.

Perilaku

Beberapa kucing dapat mengalami gangguan saluran kencing hanya karena mereka tidak senang terhadap sesuatu yang membuatnya stres.

Cara Perawatan Kucing dengan Masalah Saluran Kemih

Cara perawatannya beragam, mulai dari pemberian suplemen, diet untuk menurunkan berat badan, hingga pembedahan jika gangguannya sudah parah. 

Jika kucing Anda teridentifikasi gangguan tersebut, Anda juga bisa memberinya Royal Canin Urinary Care yang merupakan makanan kering untuk kucing dewasa yang diformulasikan untuk kucing yang cenderung menderita gangguan saluran pada kandungan kemihnya. 

Asupan ini dilengkapi formula khusus yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing dan membantu untuk memberikan kucing asupan yang seimbang sehingga dapat mencegah gangguan kemih berulang. Royal Canin Urinary Care dapat memberikan perawatan untuk meningkatkan kesehatan saluran pada kandungan kemih setelah 10 hari.

Posting Komentar