Cara Mengatasi Ruam Anak dengan Bahan Alami

Sistem imun atau kekebalan tubuh anak memang masih lemah dibandingkan orang dewasa. Hal tersebut lantaran mereka masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan, termasuk dari segi imunitasnya. Karena imun yang belum sempurna, anak rentan terkena masalah kesehatan. Salah satu yang paling sering terjadi adalah ruam anak. Ruam ini biasanya menimbulkan warna kemerahan pada kulit dan rasa yang sangat gatal.

Pada dasarnya ruam memang tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi tetap bisa mengganggu kenyamanan anak sehingga mereka lebih mudah rewel. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi ruam pada anak:

Tanaman Herbal

Tanaman herbal memang diyakini sebagai obat alami terbaik untuk berbagai macam penyakit. Ada beberapa tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan ruam pada anak. Tanaman yang paling sering dipilih para orang tua adalah ekstrak daun kesemek dan lidah buaya. 

Bagian gel lidah buaya diyakini bisa meredakan gatal karena dermatitis atopik atau masalah kulit lain. Sedangkan ekstrak daun kesemek berfungsi untuk mencegah dermatitis atopik bahkan juga mengobatinya. Selain itu, ada beberapa tanaman herbal lain yang bisa Anda jadikan pilihan seperti kamomil, kemangi, ketumbar, dan juga marigold. 

Garam Epsom

Bahan alami selanjutnya yang bisa mengatasi ruam anak adalah garam epsom. Bahan alami ini sebelumnya digunakan untuk mengatasi nyeri otot. Orang zaman dulu mencampurkan garam epsom dengan air hangat kemudian menggunakannya untuk mandi. Efek relaksasi juga bisa membuat tumbuh menjadi lebih nyaman. 

Garam epsom memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kelembaban. Dengan kelembaban yang terjaga, peradangan juga bisa lebih reda. 

Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang sangat menyehatkan untuk anak. Bukan hanya itu saja, oatmeal juga dapat membantu meredakan ruam pada anak. Makanan sehat ini memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu, oatmeal juga memiliki sifat biologis aktif seperti anti inflamasi dan anti oksidan. Kedua sifat tersebut membuat reaksi alergi termasuk ruam bisa mereda.

Soda Kue

Bahan makanan yang digunakan untuk membuat kue ini ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Manfaatnya yaitu untuk mengatasi ketidakseimbangan pH. Selain itu, soda kue juga bersifat anti inflamasi sehingga alergi kulit bisa mereda. Biasanya soda kue dibuat pasta kemudian dioleskan pada kulit yang terkena ruam. Tambahkan minyak kelapa karena bahan ini juga berperan baik dalam meredakan ruam. 

Minyak Kelapa

Bahan alami terakhir yang bisa mengatasi ruam adalah minyak kelapa. Minyak yang diekstrak dari daging kelapa ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Manfaatnya banyak seperti untuk melembabkan kulit, antiinflamasi, hingga antiseptik. Namun penggunaannya harus melakukan percobaan terlebih dahulu. Pasalnya ada anak yang mengalami iritasi apabila menggunakan minyak kelapa. Coba pada bagian lengan bagian dalam, jika terjadi iritasi menggunakan bahan alami lain.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi ruam anak. Apabila setelah dilakukan penanganan dengan bahan di atas ruam pada Si Kecil belum juga sembuh, Anda wajib segera membawa Si Kecil ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan kondisi anak saat ini.

Jika Anda adalah profesional yang bekerja menangani seputar anak, Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Sebuah platform yang berisikan perkembangan keilmuan di bidang pediatri dan nutrisi anak. Nanti Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur penting untuk belajar ilmu baru seperti Web Seminar, E-Module, Expert’s Podcast, dan Event Calendar. Daftarkan diri Anda terlebih dahulu untuk bergabung dengan Nutricia Professional. Website yang bisa digunakan untuk mendaftarkan diri yaitu www.nutriciaprofessional.id.

Posting Komentar