Pekerjaan Menarik Bagi Lulusan Kuliah Animasi

kuliah animasi

Tertarik untuk menjadi seorang animator? Jika Anda tertarik untuk menggeluti bidang tersebut, kini bahkan telah hadir tempat kuliah animasi untuk memperdalam bidang tersebut. Saat ini, keahlian seorang animator banyak dibutuhkan. Pasalnya, animasi saat ini sudah digunakan dalam banyak aspek visual digital.

Ingin tahu apa saja prospek pekerjaan seorang animator saat ini? Berikut akan kami jelaskan apa saja prospek-prospeknya:

1. Game Designer

Game tidak akan mungkin bisa dibuat tanpa adanya seorang animator. Karena, seorang animator akan bertugas untuk membuat berbagai gambar, maupun gambar hidup yang digunakan sebagai aset pembuatan game.

kuliah animasi

Mulai dari pembuatan karakter, lingkungan di game, dan berbagai detail-detail lainnya. Saat ini, ada cukup banyak lowongan animator di bidang game. Pasalnya, banyak provider lokal yang telah mendirikan perusahaan pengembang game.

2. Animasi Untuk Promosi

Ada banyak sekali perusahaan menengah maupun atas yang membutuhkan sebuah video promosi berbentuk animasi. Pasalnya, video animasi sangat menarik dilihat oleh para audiens. Hal ini juga membuka peluang potensial bagi para animator.

Namun, dalam pembuatan video promosi berbentuk animasi, Anda harus membuat sebuah tim. Pasalnya, beberapa jenis video akan memerlukan sebuah voice over, atau menggabungkan teknik animasi dengan video promosi konvensional yang melibatkan seseorang.

3. Terlibat Dalam Proyek Film/Serial Animasi

Anda juga bisa membuat sebuah proyek untuk membuat film maupun seri berjenis animasi. Jangan khawatir, meskipun Anda tidak punya dana untuk membawa film ke layar lebar, Anda bisa membuat film atau serial pendek di Youtube. Penghasilannya sangat potensial, lho.

Anda bisa cek sendiri di Youtube. Saat ini, ada banyak sekali serial animasi di Youtube dengan jumlah subscriber maupun penonton yang sangat banyak sekali. Itu artinya, jenis serial maupun film animasi di Youtube sangat disukai.

4. Membuat Special/Visual Effects

Seorang animator tidak hanya sebatas ahli di bidang membuat animasi saja. Seorang animator juga memiliki keahlian di bidang special/visual effects. Contohnya seperti dalam film-film besar seperti The Avengers.

Anda mampu menciptakan efek ledakan, karakter 3D, dan berbagai manipulasi lainnya. Tidak tanggung-tanggung, bahkan, jika seseorang ahli di bidang ini, bisa terjun di industri perfilman Hollywood, lho. Buktinya, banyak sekali animator Indonesia yang sudah berkiprah di luar negeri.

5. Bekerja di Studio-Studio Animasi

Jika Anda belum mampu membuat karya sendiri, Anda bekerja terlebih dahulu di studio-studio animasi sebagai pengalaman. Banyak studio-studio animasi yang membutuhkan seorang animator.

Di indonesia sendiri cukup banyak studio yang membutuhkan jasa animator. Di lain sisi, jika kemampuan Anda mumpuni, Anda juga bisa bekerja di studio-studio luar negeri yang jauh lebih potensial.

6. Seorang Editor Film Animasi

Selain membuat animasi, Anda juga bisa terlibat di balik layar proses editing film animasi. Di Indonesia, ada cukup banyak studio yang memproses pembuatan animasi untuk film/serial. Baik yang tayang di TV, layar lebar, hingga di Youtube.

Editor adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam proses akhir pembuatan film/serial animasi. Bahkan, seorang editor yang andal, biasanya memiliki pendapatan yang cukup tinggi.

Kesimpulan

Bagi yang memiliki passion di bidang animasi, saat ini peluang karier di Indonesia sudah semakin terbuka. Terlebih, Anda juga bisa mengembangkan keahlian Anda dengan memilih jurusan animasi di suatu institusi maupun lembaga pendidikan.

Nah, itulah beberapa potensi karier yang bisa dipilih bagi lulusan kuliah animasi. Berencana untuk kuliah di jurusan tersebut? Kini Anda bisa mendaftarkan diri di IDS (International Design School) dengan fasilitas terbaik, dan mentor-mentor profesional.

Posting Komentar