Bayar Tagihan BPJS Tepat Waktu dengan Bank Sinarmas

Bayar tagihan bpjs

Kesehatan merupakan hal paling penting dan harus dijaga dengan baik. Apabila tubuh tidak sehat makaAnda tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan malah akan mengeluarkan banyak uang untuk biaya pengobatan. Salah satu jaminan yang dapat membantu Anda pada situasi tersebut adalah dengan menjadi peserta BPJS. Anda nantinya akan mendapatkan berbagai fasilitas kesehatan sehingga tidak akan memberatkan finansial ketika sakit. Jika ingin mendapatkan fasilitas kesehatan dari BPJS, maka Anda wajib menjadi peserta dan bayar tagihan BPJS tepat waktu.

Ada banyak kelebihan apabila Anda menjadi anggota BPJS dan membayar tagihan tepat waktu. Selain mendapatkan fasilitas seperti layanan rawat inap, pelayanan kebidanan, tindakan medis, obat-obatan, hingga mobil ambulans masih banyak kelebihan lain yang bisa dirasakan. Berikut ini adalah kelebihan tersebut:

Lebih Murah Dibandingkan Asuransi Milik Swasta

Bayar tagihan bpjs

Terdapat tiga kelas yang disediakan BPJS dengan besar iuran berbeda-beda. Kelas tertinggi adalah kelas 1, kemudian kelas 2, dan terakhir kelas 3. Karena merupakan program pemerintah, setiap kelas tersebut tetap lebih terjangkau dibandingkan asuransi swasta. Oleh sebab itu, Anda tidak akan rugi jika mendaftar sebagai anggota BPJS.

Bisa Aktif Seumur Hidup

Salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh telat membayar tagihan BPJS adalah agar kartu bisa aktif seumur hidup. Jika rutin membayar, Anda bisa menggunakan kartu kapan saja saat dibutuhkan. Setiap peserta juga akan mendapatkan hak berupa fasilitas kesehatan seumur hidupnya. Hingga sekarang hal tersebut belum ditemukan di asuransi swasta yang menawarkan asuransi kesehatan.

Tidak Perlu Medical Check Up

Asuransi swasta biasanya memberikan syarat pada calon peserta. Pada umumnya iuran asuransi swasta bergantung pada tingkat kesehatan calon peserta dan juga usianya. Oleh sebab itu biasanya dilakukan medical check up untuk mengecek kesehatan calon peserta. BPJS tidak menerapkan hal tersebut sehingga siapa saja yang ingin mendaftar tinggal membayar iuran sesuai kelas yang dipilih.

Bayar Tagihan Tepat Waktu Agar Tidak Terkena Sanksi

Setiap anggota BPJS tentu saja harus bayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Besarnya tagihan yang harus dibayar bisa berbeda-beda, tergantung kelas yang Anda pilih. Jika telat bayar tagihan BPJS, maka Anda akan menerima sanksi atau denda dari BPJS. Sanksi yang didapatkan tergantung dari lamanya penunggakan.

Kartu akan dihentikan sementara apabila telat bayar tagihan selama 1 bulan, namun akan kembali diaktifkan apabila melunasi tunggakan. Risiko apabila kartu dihentikan yaitu tidak bisa digunakan untuk berobat yang artinya Anda harus membayar biaya berobat.

Namun jika sudah menunggak lebih dari 3 bulan maka Anda akan diberikan denda yang besarnya tergantung dari lamanya tunggakan. Jika tidak ingin menerima sanksi dan denda tersebut maka Anda harus membayar tagihan tepat waktu.

Bank Sinarmas memudahkan nasabahnya untuk membayar tagihan tepat waktu dengan memberikan beberapa metode pembayaran. Setidaknya ada tiga metode pembayaran yang bisa Anda pilih yaitu melalui ATM, internet banking atau mobile banking, dan teller. Setiap transaksi hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.500 saja.

Cara membayar melalui ATM yaitu dengan mengakses menu layanan umum kemudian memasukkan jumlah bulan + 88888 + nomor kepesertaan. Sedangkan melalui internet banking atau mobile banking yaitu dengan mengisi field IDPEL dengan 88888 + nomor kepesertaan dan jumlah bulan dengan jumlah bulan yang ingin dibayar.

Itulah kemudahan yang diberikan Bank Sinarmas agar nasabah tidak terlambat bayar tagihan BPJS sehingga terkena sanksi atau denda. Jika informasi tersebut belum jelas, Anda bisa melihat website banksinarmas.com untuk informasi yang lebih jelas.

Posting Komentar