6 Ciri-Ciri Anak Menderita Hiperaktif

anak menderita hiperaktif
Anak menderita hiperaktif

Hiperaktif adalah turunan dari ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang merupakan gangguan perkembangan dimana membuat seseorang tidak bisa fokus pada satu hal. Anak yang menderita hiperaktif pada umumnya sulit untuk diam dan seringkali bicara berlebihan. Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang tua yang bingung membedakan antara anak yang hiperaktif dan aktif. Untuk membantu Anda membedakannya, berikut ini ada 6 ciri-ciri anak menderita hiperaktif yang harus Anda ketahui:

Sulit Fokus



Ciri-ciri utama dari anak hiperaktif adalah kesulitan untuk fokus pada satu hal. Mereka yang hiperaktif cenderung memilih menggerakan tubuhnya, sedangkan anak aktif dengan perkembangan normal bisa diam dan fokus memperhatikan.

Impulsif

Mereka yang menderita hiperaktif cenderung impulsif atau tidak berpikir panjang saat akan melakukan suatu hal. Misalnya anak aktif tahu bahwa api panas maka mereka akan menghindarinya. Sedangkan anak hiperaktif tidak takut terhadap bahaya.

Tidak Sabar

Anak menderita hiperaktif biasanya temperamen, mudah marah, dan cepat merasa kesal. Pada kondisi tersebut, anak hiperaktif akan sulit dikendalikan oleh siapapun termasuk ibu atau ayahnya.

Tidak Bisa Tenang

Ciri-ciri anak hiperaktif selanjutnya adalah tidak bisa tenang dan selalu ingin bergerak melakukan sesuatu. Bahkan ketika melakukan suatu aktivitas seperti makan, mereka akan berusaha mengalihkan fokus pada aktivitas lainnya.

Tidak Mudah Lelah

Pada umumnya, masa anak-anak memang masa dimana mereka memiliki semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi hingga tidak mengenal lelah. Namun pada kondisi anak hiperaktif, mereka sama sekali tidak merasa lelah sehingga waktu istirahatnya cenderung sangat sedikit.

Menyukai Hal-hal yang Terlalu Atraktif

Mereka yang menderita hiperaktif akan merasa tertantang terhadap hal-hal yang dianggap berbahaya oleh orang lain. Semakin dilarang maka mereka akan semakin tertarik pada hal tersebut. Karena hal ini, anak hiperaktif perlu pengawasan ekstra dari orang tuanya.

Itulah 6 ciri-ciri anak menderita hiperaktif yang harus Anda ketahui. Hiperaktif merupakan kondisi yang harus segera Anda kontrol agar perkembangan anak tidak terganggu. Segera konsultasikan pada dokter anak apabila si kecil memiliki ciri-ciri di atas. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi asupan nutrisi mereka dengan memberikan susu Dancow Gum.

Posting Komentar