Keunggulan Pot Bunga Buatan Sendiri dari Semen

Pot Bunga Buatan Sendiri

Selain biasa digunakan untuk pembuatan bangunan, ternyata semen juga dapat digunakan untuk membuat kreasi pot yang unik dan menarik. Iya pot yang terbuat dari semen tentunya akan lebih kuat dibanding dengan jenis lainnya. Apalagi jika Anda membuatnya dengan menggunakan semen Tiga Roda yang dipercaya dapat membuat beton menjadi lebih kokoh dan tidak mudah retak. Selain kita bebas menentukan bahannya, pot bunga buatan sendiri juga memungkinkan kita untuk bebas dalam menentukan ukuran hingga desainnya. 


source: https://www.sementigaroda.com/images-data/posts/2016/02/29/261/pot-bunga-image1.jpg


Pot bunga dengan bahan semen memang tahan lama sebab tidak mudah pecah seperti halnya bahan yang lain. Selain itu harganya pun juga lebih terjangkau apalagi jika Anda membuatnya sendiri. Salah satu keunggulan dari pot berbahan semen adalah mudah untuk menyerap air dengan baik sehingga dapat membuat suhu di media tanah akan tetap terjaga dengan baik. Namun yang perlu dipertimbangkan dari pot berbahan semen atau beton adalah bahannya yang berat sehingga akan lebih sulit untuk dipindah-pindahkan. Bagi Anda yang ingin membuat pot semen sederhana berikut adalah langkahnya :


  1. Buat cetakan sederhana dengan menggunakan kardus. Dalam hal ini Anda bisa membuat cetakan dari kardus dengan bentuk sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa membuatnya dalam bentuk kotak, bulat, segi tiga atau yang lainnya. 
  2. Setelah cetakan sudah jadi, silahkan olesi cetakan tersebut dengan minyak goreng agar tidak menempel saat digunakan untuk mencetak.
  3. Buat adonan antara semen tiga roda, pasir, dan tambahkan sedikit air. Setelah diaduk hingga rata, silahkan tuangkan adonan semen ke dalam cetakan. 
  4. Ratakan mulai dari bagian dasar hingga bagian dindin pot. 
  5. Setelah proses pencetakan selesai, Anda tinggal menunggu pot Anda kering.
  6. Setelah benar-benar kering, Anda bisa melepaskan cetakan yang Anda buat dari bahan kardus. Setelah cetakan d lepas, Anda bisa juga memberikan warna-warna sesuai selera Anda sehingga pot bunga buatan sendiri terlihat lebih unik. Pastikan Anda menyesuaikan warna pot dengan warna-warna yang ada di lingkungan sekitar. 



Posting Komentar