Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Bugar Setiap Saat

cara menjaga kesehatan tubuh
Menjaga kesehatan tubuh tidak sulit untuk dilakukan dan tidak memerlukan banyak biaya. Melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari merupakan cara menjaga kesehatan tubuh. Dengan pola hidup sehat penyakit tidak akan mudah menyerang. Berikut cara menjaga kesehatan tubuh yang mudah dilakukan sehari-hari.

Pola makan yang sehat dan bergizi

Makanan dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga dan sumber gizi yang dibutuhkan tubuh.  Oleh karena itu pola makan harus rutin dan teratur, jangan sampai melewatkan waktu makan karena bisa menyebabkan penyakit lambung. Selain itu, makanan yang dikonsumsi harus yang sehat, yaitu makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral.

Karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, kentang, umbi-umbian, dan gandum. Untuk protein bisa didapatkan dengan mengkonsumsi lauk pauk seperti tahu, tempe, dan daging. Anda juga harus banyak mengkonsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung antioksidan yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.
cara menjaga kesehatan tubuh
Minum yang cukup

Air minum mempunyai banyak manfaat untuk tubuh antara lain menjaga kadar cairan dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan membantu metabolisme tubuh. Rata-rata kebutuhan air minum setiap orang adalah 2 liter. Kurangnya minum dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Dehidrasi bisa mengakibatkan tubuh terasa lemas dan menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh. Bahkan dalam keadaan berat bisa menyebabkan penurunan kesadaran. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup ya.

Rajin berolahraga

Olahraga bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Sebaiknya olahraga dilakukan 3-5 kali dalam seminggu selama 20-30 menit. Tidak perlu memaksakan diri olahraga berat jika tidak sanggup, anda bisa mulai dengan olahraga ringan misalnya jalan kaki. Olahraga dapat menjaga jantung dan tulang menjadi sehat. Rutin olahraga juga bisa mencegah tubuh terserang penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, dan osteoporosis. Yuk mulai rutin berolahraga.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dengan tidur penting untuk menjaga kesehatan. Walaupun aktivitas dan pekerjaan sedang padat tubuh tetap memerlukan istirahat. Terlalu lama bekerja akan membuat tubuh merasa lelah. Kelelahan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jika begitu maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu istirahat dengan tidur 8 jam sehari penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Tidak merokok

Rokok mengandung banyak zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Nikotin, tar, dan karbon monoksida merupakan beberapa zat dalam rokok yang berbahaya bagi tubuh. Merokok dapat menyebabkan banyak penyakit seperti penyakit paru-paru, jantung, stroke, hingga kanker. Merokok tidak hanya membahayakan para perokok namun juga orang-orang sekitar yang ikut menghirup asapnya. Perokok pasif juga berisiko terkena dampak buruk dan penyakit akibat asap rokok.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda lakukan sehari-hari. Cukup dengan melakukan pola hidup sehat sehari-hari maka anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Yuk, segera mulai pola hidup sehat dari sekarang.

Posting Komentar