Perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa

teknologi komunikasi

Teknologi sangat membantu kehidupan manusia dengan berbagai perkembangannya, termasuk perkembangan teknologi komunikasi.  ini membantu kita dalam berkomunikasi dengan lebih cepat dan mudah. Menurut Wikipedia teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain. Sehingga teknologi ini mempermudah cara komunikasi kita dengan individu lain.

Teknologi informasi ini menggunakan alat dalam teorinya untuk memudahkan pengumpulan informasi dan cara komunikasi kita. Ini akan memperjelas kita dalam melakukan serta menerima informasi, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan baik. Teknologi ini tidak langsung berkembang seperti saat ini, tentunya ada perkembangan yang bertahap dari masa ke masa. Perkembangan dimulai pada masa prasejarah hingga masa kini. Perkembangannya dari masa ke masa adalah sebagai berikut,
teknologi komunikasi
Masa Prasejarah 

Pada masa ini manusia sudah menggunakan dan mengembangkan alat komunikasi berupa gambar yang menceritakan pengalaman keseharian nya. Mereka menggambarkannya di dinding-dinding gua. Pada masa ini manusia juga sudah menggunakan komunikasi isyarat melalui bunyi yang dilakukan dengan membunyikan alat seperti gendang dan terompet. Bahkan asap dan api juga digunakan untuk komunikasi dalam jarak yang jauh. Manusia sudah mencoba mengembangkan teknologi komunikasi dari mulai masa ini.

Masa Sejarah

Pada masa ini perkembangannya dimulai dengan penemuan kertas oleh bangsa Cina dan digunakan untuk memberikan informasi. Kertas pada masa ini menggunakan serat dari bambu yang dihaluskan, kemudian disaring, dicuci dan diratakan serta dikeringkan kemudian. Semakin berkembang kini kertas sudah lebih canggih pembuatan nya. Masa ini menjadi cikal bakal kertas yang digunakan untuk mempermudah kita berkomunikasi.

Masa Modern

Disinilah semakin berkembang teknologi dalam bidang komunikasi, mulai ditemukan alat komunikasi yang semakin canggih. Dari mulai diciptakannya telepon dan komputer lalu televisi dan radio untuk memudahkan kita mendapatkan informasi. Dan saat ini sudah dikembangkan lagi dengan adanya internet dan smartphone. Tentunya perkembangan ini akan semakin bertambah lagi di masa berikutnya dengan lebih canggih lagi.

Sudah sangat jelas jika teknologi komunikasi ini selalu dikembangkan dari masa ke masa untuk kemudahan kita berkomunikasi. Segala kemudahan berkomunikasi kini harus kita manfaatkan dengan baik dan benar. Kita harus menjadi bijak dalam setiap penggunaannya, karena  dengan kecerdasan yang dimiliki manusia tentunya teknologi ini akan terus berkembang. Jangan sampai kita salah dalam menggunakannya. Memanfaatkan dengan baik adalah langkah yang harus kita pilih dalam perkembangan teknologi ini.

Posting Komentar