Perhiasan Berlian Asli, Ini Cara Membuktikannya!

Berlian merupakan batu yang menghiasi cincin, gelang, atau kalung merupakan idaman hampir setiap wanita. Banyak orang menabung atau mengikuti arisan untuk membeli perhiasan berlian idaman. Pria membeli cincin tunangan berlian sebagai tanda cinta. Namun, tidak sedikit berlian palsu yang beredar di pasaran. Bagaimana cara membedakan berlian asli dan palsu?

Sebagai langkah aman, sebaiknya Anda membeli berlian dengan sertifikat GIA, Amerika Serikat. Pada sertifikat asli akan tercantum berat atau karat, tingkat kejernihan, warna, dan tingkat pemotongan. 

Sama dengan emas, tidak semua penjual memiliki sertifikat ini. Anda harus mempunyai pengetahuan membedakan perhiasan berlian asli dan palsu. Enam langkah membedakan keaslian berlian, yaitu:

1.  Meniup Permukaan Berlian

Anda pernah melakukan percobaan meniup cermin? Cermin akan tampak buram karena udara yang dikeluarkan saat meniupnya adalah karbondioksida. Jika Anda meniup permukaan berlian yang datar, berlian tidak akan nampak buram. Berlian tetap jernih seperti semula.


2. Menggosokkan Berlian dengan Kaca

Berlian merupakan batu yang sangat keras sehingga mudah sekali tergores dan sukar dipotong. Di bagian bawah berlian yang tidak nampak, Anda dapat menggosoknya sedikit dan perlahan dengan potongan kaca. Jika goresan nampak pada berlian atau kaca, artinya asli.

3. Memasukkan Berlian ke Dalam Gelas 

Berat jenis berlian lebih besar daripada air. Hal ini membuatnya tenggelam jika dimasukkan dalam gelas berisi air. Untuk menguji keaslian berlian cara ini, Anda harus melepas berlian dari settingnya.

4. Memeriksa Kejernihan Air

Berlian memang nampak sangat jernih dan bening. Namun kejernihannya tidak sama dengan kaca atau air yang dapat dilewati cahaya. Letakkan berlian yang ingin diuji di atas kertas berisi tulisan. Berlian asli seharusnya tidak menampakkan tulisan di bawahnya. Berlian tidak meneruskan cahaya meski warnanya terlihat jernih dan bening.

5. Menguji dengan Sinar Matahari

Keaslian berlian juga nampak dengan pengujian sinar matahari.
Letakkan berlian Anda di bawah sinar matahari selama beberapa menit. Setelah beberapa lama di bawah sinar matahari, bawalah ke dalam ruangan gelap. Berlian asli akan nampak bercahaya di tempat gelap setelah sebelumnya berada di bawah sinar matahari.

6. Mengamati dengan Kaca Pembesar

Anda dapat mengamati berlian asli dengan kaca pembesar khusus perhiasan. 
Akibat dari bahannya yang keras, berlian tidak mudah dipotong dan meninggalkan goresan. Semakin sedikit goresan yang terlihat, maka semakin mahal harganya. Jarang sekali ada berlian yang sempurna. Melihat berlian dengan kaca pembesar akan menampakkan goresannya.

Itulah enam cara menguji keaslian perhiasan berlian yang Anda miliki. Sebaiknya, lakukan pengujian menggunakan keenam metode di atas, karena tidak ada yang valid seratus persen. Jika berlian Anda tidak lolos uji keenam cara di atas, bawalah ke toko perhiasan untuk diuji lebih lanjut.

Anda tidak mau repot menguji berlian? Belilah berlian di Franc & Co Jewerly. Di sini semua berlian yang dijual bersertifikat.

Posting Komentar