Kenali, 6 Ciri-ciri Giwang Berlian Asli

Perhiasan erat kaitannya dengan wanita. Wanita pun sepertinya tidak ingin ketinggalan untuk bisa tampil maksimal dengan sebuah perhiasan yang cantik. Salah satu perhiasan yang diimpikan para wanita adalah berlian, baik itu giwang berlian asli, gelang berlian, cincin berlian, maupun kalung berlian. 

Untuk memiliki giwang berlian asli, Anda tidak hanya perlu belanja di toko perhiasan terpercaya, tetapi juga wajib mengetahui beberapa ciri-ciri keasliannya. 

Berikut ini adalah ciri-ciri umum berlian asli yang mudah untuk Anda bedakan dengan berlian palsu:

1. Refleksi Abu-abu

Sebuah perhiasan berlian termasuk jenis giwang atau anting berlian asli, pastinya hanya akan memberikan refleksi warna abu-abu saja. Jika ternyata berlian yang Anda miliki mampu merefleksikan macam-macam warna selain abu-abu, itu artinya berlian tersebut palsu.


2. Tidak akn Bisa Berkabut

Coba tes dengan embun atau uap dari mulut Anda. Jika ternyata kabut yang menempel di permukaan berlian hilang seketika, maka berlian Anda asli. Tetapi jika sebaliknya, yakni kabut di permukaan berlian bertahan selama beberapa detik, maka berlian tersebut palsu yang biasanya terbuat dari kaca.

Memiliki Kemampuan Merefleksikan Cahaya
Berlian asli memiliki kemampuan merefleksikan cahaya dengan baik di setiap sisinya, sehingga akan terlihat semakin berkilau. Adapun berlian palsu, refleksi cahaya yang dihasilkan hanya pada bagian atas permukaannya saja.

3. Tahan Panas

Coba Anda panaskan berlian, jika panasnya bertahan bahkan cukup lama, berarti berlian tersebut palsu. Karena, berlian asli mampu menstabilkan suhu panas dengan cepat. Sehingga, meskipun dipanaskan tetap saja tidak akan terasa panas.

4. Anti Gores

Berlian asli memiliki tekstur yang kuat dan pastinya tahan goresan. Meskipun tergores atau terbentur bahan keras atau logam lainnya, berlian asli tidak akan meninggalkan bekas sedikitpun. Sebaliknya, jika ternyata berlian Anda mengalami bekas goresan, itu artinya palsu.

5. Tidak Mengapung di Air

Karena berlian asli dihasilkan langsung dari alam dan masuk pada kategori bebatuan alam yang memiliki nilai cukup tinggi, maka saat ditenggelamkan ke dalam air, otomatis akan tenggelam dengan sendirinya.

Jika Anda menemukan berlian yang tetap mengapung di atas air, berarti berliannya palsu.
Itulah 6 ciri-ciri umum yang mudah untuk dikenali dalam mengetahui keaslian berlian. Ciri-ciri tersebut juga bisa menjadi patokan untuk mengetahui apakah benar giwang berlian asli yang Anda miliki benar-benar asli atau hanya barang tiruan saja (palsu).

Posting Komentar