Beberapa Etika Berbisnis Sesuai Syariah

Beberapa Etika Berbisnis Sesuai Syariah
Agama islam tidak hanya mengajarkan tentang ibadah saja, namun juga mengajarkan tentang apa yang halal dan haram, termasuk dalam hal berbisnis. Berbisnis pastinya memiliki resiko yang tidak sedikit, namun jika dijalankan sesuai syariah islam semua itu akan mendatangkan keberkahan bagi para pelaku bisnisnya. Untuk meminimalisir resiko tersebut anda bisa mengikuti asuransi syariah bisnis yang akan melindungi usaha anda dari berbagai resiko yang akan terjadi. Dalam berbisnis, islam juga memberikan aturan atau etika dalam menjalankannya sesuai dengan syariah. Berikut ini ada beberapa etika menjalankan bisnis sesuai syariah, diantaranya:


1. Prinsip keadilan
Dalam berbisnis kita harus bertindak sesuai dengan prinsip keadilan yang akan menghasilkan tindakan yang bermanfaat bagi semua pihak, baik untuk pelaku bisnis, konsumen, dan objek bisnis. Dengan tumbuhnyaa prinsip keadilan ini, maka tidak akan ditemukannya bentuk kecurangan dalam berbisnis. Sehingga kedua belah pihak baik pembisnis maupun konsumen sama-sama mendapatkan keuntungan. Dengan begitu bisnis akan berkembang dengan baik karena mendapat kepercayaan dari konsumen dan mereka pun akan lebih loyal kepada kita.

2. Kebebasan berkehendak
Dalam berbisnis masing-masing pelaku bisnis, baik pedagang maupun pembeli diberikan kebebasan dalam berkehendak untuk mencapai tujuan dengan cara apapun. Namun dalam bisnis syariah, bukan berarti bebas tanpa batas, namun kebebsana yang sesuai dengan aturan agama. Yaitu bebas memilih jenis bisnis dan cara menjalankannya selama tidak ada unsur haram di dalamnya. Dalam hal ini kita bebasa berbuat apapun selama tidak berakibat merugikan orang lain.

3. Tanggung jawab
Seperti yang telah disebutkan diatas, bisnis syariah sangat memperhatikan kebebasan dalam menjalankan bisnis selama tidak merugikan orang lain malah memberikan keuntukan baik untuk pelaku bisnis maupun konsumennya. Dengan aturan yang jelas seperti itu akan mempermudah mengendalikan tanggungjawab dari masing-masing pelaku bisnis. Pembisnis bertanggung jawab memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya sehingga tumbuh kepercayaan dan loyalitas dari konsumennya.

Itulah beberapa etika berbisnis menurut ajaran islam. Untuk itu cobalah kunjungi Chubb Syariah Yang menyeidkan berbagai produk asuransi syariah, salah satunya asuransi syariah bisnis.

Posting Komentar