Beberapa Hal Yang Penting Untuk Diperhatikan Dalam Berinvestasi Bagi Pemula



Mendengar kata investasi, nampaknya bagi sebagian kalangan terutama anak muda dewasa ini, merupakan kegiatan yang sulit dan berat untuk dilakukan. Terlebih hal tersebut berhubungan langsung dengan uang. Karena memang tak dapat dipungkiri, sebagian besar anak muda zaman sekarang lebih suka hidup serba berkecukupan dan mengikuti trend, namun tidak ingin melewati masa-masa sulit dalam mengumpulkan uang tersebut. Oleh karenanya tak heran, hal tersebut membuat mereka mencari uang dengan cara mudah bahkan tidak baik, yang terpenting memperoleh pendapatan yang lebih besar. Perlu diingat, bahwasannya investasi tidak selamanya mengharuskan kita untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Justru mulailah dari nominal yang kecil, semakin lama akan semakin bertambah. Seperti salah satu alternatif investasi pemula ialah reksa dana, yang dapat memulai investasi hanya dengan uang Rp 100.000, kemudian resiko yang ditawarkan sangat minim, dan dilakukan dengan memanfaatkan gadget serta fasilitas internet.

Nah, bagi anda yang ingin mulai untuk merubah masa depannya menjadi jauh lebih baik. Maka jangan sia-siakan masa muda anda saat ini, lakukanlah usaha dengan penuh keyakinan dan semangat yang tinggi, carilah peluang kerja yang halal walaupun dengan pendapatan yang masih terbilang rendah, kemudian investasikan pendapatan anda dengan berbagai jenis invetasi yang menurut anda mudah dan menguntungkan. Namun, sebelum memulai untuk berinvestasi, ada beberapa yang kiranya penting untuk anda perhatikan. Dianataranya yakni sebagai berikut:
  • Hal yang paling utama dan mendasar, ialah dengan menentukan apa yang akan anda raih dengan melakukan investasi tersebut. Apakah melanjutkan pendidikan anda ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya S2 di luar negeri pada universitas ternama. Atau menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan yang mewah, dan tujuan-tujuan lainnya yang memang membutuhkan dana yang relatif lebih tinggi. Dengan penentuan tujuan dari awal, hal ini akan memotivasi anda sehingga memiliki semangat yang tinggi untuk berinvestasi. Di samping itu, membantu anda dalam mempersiapkan jumlah uang dan waktu berinvestasi.
  • Kemudian mempersipkan modal untuk berinvestasi. Sebaiknya anda mulai untuk menyisihkan sejumlah uang dalam setiap waktunya, baik perhari, perminggu, atau bahkan disetiap bulannya. Dalam menyisihkan uang sebaiknya anda tidak menggunakan uang yang telah anda cadangkan untuk kebutuhan, dan uang untuk keadaan darurat. Melainkan gunakanlah uang yang memang benar-benar sisa dan tidak terpakai.
  • Selanjutnya pilihlah jenis investasi yang benar-benar terbaik, terpercaya, aman. Beberapa jenis investasi yang dapat anda pilih ialah menginvestasikan uang anda pada properti misalnya tanah, yang setiap waktu harganya mengalami peningkatan. Kemudian pada emas perhiasan atau mas batangan yang dapat dijual ataupun digadaikan kapan saja dengan harga yang cukup tinggi. kemudian menabung pada tabungan deposito yang memungkinkan anda untuk memperoleh prsentase keuntungan dari pihak bank yang bersangkutan, dan terakhir anda dapat berinvestasi pada reksa dana. Sebagaimana yang telah kita singgung sebelumnya, di mana investasi yang satu ini merupakan invesati yang cocok bagi para pemula dengan modal yang masih sangat terbatas, dan belum memiliki kemampuan dalam melakukan perhitungan investasi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk investasi pemula. Tunggu apa lagi? Lakukan investasi dari mulai hari ini! Baik dan buruknya masa depan anda, tergantung dari dari apa yang anda lakukan dan persiapkan di masa muda ini.