Globalisasi Fashion

Globalisasi Fashion
Busana menjadi bagian kebudayaan manusia sejak zaman praaksara. Sejarahnya seiring dengan adanya manusia itu sendiri. Setiap bangsa memiliki cara berpakaian sesuai dengan budaya yang berkembang, menjadi bagian dari budaya itu sendiri. 

Pada jaman yang semakin menglobal seperti sekarang, fashion menjadi sorotan tersendiri. Apa yang sedang tren di belahan dunia sana akan menjadi tren pula di belahan dunia lainnya. 

Indonesia tidak lepas dari globalisasi fashion, sebagai contoh bagaimana para remaja begitu menyukai busana korea akibat drama korea dan musik k-pop yang mereka tonton.

Tren fashion selalu berputar selayaknya kincir, maka tidak heran jika tren tahun 1950-an atau 70-an akan kembali menjadi bagian dari fashion saat ini atau tren 80-an atau 90-an yang beberapa tahun lalu dianggap “jadul banget” akan kembali menjadi incaran gaya tahun ini. 

Globalisasi fashion berpengaruh pada gaya busana masyarakat di belahan bumi manapun yang terpapar internet. Pembelian pakaian yang diinginkan juga mengglobal, designer dari belahan dunia lain bisa kita dapatkan dengan mudah hanya dengan order menggunakan jempol kita melalui smartphone. 

Namun harus berhati-hati dengan dengan pesanan kita, pastikan web yang kita datangi aman, biasanya pemesanan akan aman jika melalui website atau appstore khusus jual beli. 

Melalui situs jual beli ini juga bisnis yang kita rintis dapat pula berkembang, misalkan anda mempunyai usaha pakaian online akan sangat membantu. 

Fenomena ini tentu berdampak positif dan negatif, positifnya kita bisa memperkenalkan busana atau motif khas nusantara misal batik, lurik, songket serta ratusan motif khas nusantara lainnya. 

Designer tanah air juga dapat unjuk gigi dalam kancah fashion dunia memperkenalkan kreasi yang tidak kalah dari designer luar. Tanpa adanya batas teritorial dalam dunia maya dunia global memudahkan kita ekspansi fashion. 

Negatifnya tentu saja ada kita akan terlibas ekspansi serbuan asing, jika tidak mampu menjadi tuan dinegeri sendiri.

Fashion global tak dapat dipungkiri keberadaannya, ambil sisi positinya bahkan dapat menjadi upaya fashion Indonesia mengglobal dan diakui dunia. 

Globalisasi fashion , seyogianya dapat membangkitkan gairah fashion Indonesia untuk menjadi bagian tidak hanya busana masyarakat dalam negeri tetapi juga busana masyarakat dunia.


Posting Komentar