Makanan Rendah Kalori Dari Sayuran

Untuk menjaga kesehatan dan perkembangan tubuh, setiap harinya tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi penting yang banyak didapat dari berbagai jenis makanan, baik betupa hewan maupun tumbuhan. Salah satu nutrisi yang diperlukan yaitu kalori, asupan kalori yang seimbang diperlukan oleh tubuh anda, namun jika asupannya berlebih maka yang didapat adalah berat badan anda menjadi bertambah dan gemuk. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri.

Jika hal di atas sudah terjadi maka hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pola makan anda yang berlebih, terutama dalam asupan kalori dari hewan yang sangat tinggi. Sehingga bagi anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran. Dalam sayuram terdapat berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mineral, vitamin, dan serat. Selain itu sayuran juga mengandung kadar kalori dan lemak yang sedikit bila dibandingkan dengan hewan. Sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi dan bagus bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Di bawah ini kami tuliskan beberapa makanan rendah kalori dari sayuran, yaitu:

Makanan Rendah Kalori Dari Sayuran
1. Kubis. Kubis merupakan salah satu sayuran yang rendah dalam kandungan kalorinya, yang dalam percangkirnya sekitar 22. Tetapi dalam nutrisi yang lain seperti vitamin dan mineralnya sangat tinggi. Kubispun juga mengandung fitonutrien yang dapat membantu dalam mencegah penyakit kanker.

2. Bayam. Sayuran hijau yang menjadi makanan favorit tokoh kartun popeye ini merupakan sayuran yang kaya akan vitamin, asam folat, zat besi, dan antioksidan. Selain itu kandungan kalorinyapun sangat rendah, hanya 7 dalam setiap cangkirnya. Sayur bayam juga bermanfaat dalam membantu mencegah degenerasi makula terkait usia anda, serta melindungi kesehatan mata anda.

3. Selada. Selada menjadi salah satu jenis makanan dari sayuran yang rendah dalam kandungan kalorinya, karena dalam per cangkir selada hanya terdapat 5 kalori. Sayuran
hijau yang sering dijadikan lalaban ini juga banyak mengandung vitamin dan mineral
yang bermanfaat dalam membantu regulasi darah dan sistem kekebalan tubuh.

4. Kale. Kale merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan zat besi, tinggi vitamin, asam folat dan juga mangan. Namun dalam kandungan kalorinya sangat rendah hanya 5 percangkir. Selain itu dalam kale juga mengandung fitonutrisi yang daat membantu anda dalam mecegah penyakit kanker.

5. Bunga kol. Bunga kol sering dikonsumsi dengan cara ditumis atau dibuat sayur. Sayuran ini memang memiliki rasa yang khas dan enak untuk anda yang berfikiran bahwa diet harus dengan makanan yang tanpa ada rasa dan kurang enak. Untuk itu bunga kol dapat menjadi salah satu menu harian anda dalam menjalankan program diet. Kandungan kalori dalam bunga kol juga rendah, tetapi sukup tinggi dalam folat dan vitamin dan seratnya.

6. Asparagus. Dalam asparagus terkandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh, diantaranya asparagus tinggi akan asam amino yang bermanfaat dalam diuretik tubuh. Selain itu asparagus juga bermanfaat sebagai penetral racun dan mempercepat metabolisme tubh bagi mereka yang mabuk.

Posting Komentar