Makanan Tinggi Protein Bagi Ibu Menyusui

Semua ibu hamil tentu mengharapkan yang terbaik bagi dirinya dan juga anak yang ada dalam kandungannya. Dan juga menginginkan anak yang lahir nanti memiliki tubuh dengan fisik dan mental yang sempurna seperti layak pada umumnya, selain dari itu mereka pula mengharapkan anak yang dikandungnya lahir dengan memiliki otak yang cerdas. Semua harapan itu normal dan wajar, sehingga ibu hamil dan janin dalam kandungannya memrlukan asupan nutrisi yang baik dan cukup. Pemahaman yang salah kadang terjadi pada sebagian ibu hami, yang berpikir bahwa ketika hamil maka asupan makanan harus dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya, yang benar bukanlah porsinya namun kandungan gizinya. Ibu hamil haruslah mengkonsumsi makanan tinggi protein agar sel-sel tumbuh dengan baik.

Setelah melahirkan tentulah para ibu harus menyusui dan memberikan air susu ibu secara ekslusif hingga usia bayi mencapai dua tahun. Tidak sedikit ibu yang harusnya menyusui namun ternyara air susunya tidak keluar dengan baik bahkan ada yang sebagian ibu yang sama sekali tidak mengeluarkan air susu. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena kurangnya asupan nutrisi bagi air susu ibu. Pemenuhan nutrisi yang cukup bagi ibu menyusui sangatlah penting karena hal tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar pada bayi yaitu pada tumbuh dan kembangnya.


Gizi yang harus terpenuhi dan tercukupi pada ibu menyusi yaitu protein. Karena protein mampu meningkatkan air susu ibu, dan protein yang dibutuhkan yaitu sebanyak tiga kali lipat dari biasanya. Yang kemudian kadar protein yang ada dalam air susu ibu akan ditrasferkan bada si kecil. Sehingga tubuh kembang bayi akan berjalan dengan normal, selain dari itu protein mempengaruhi pula otak terhadap tingkat kecerdasan bayi selanjutnya. Makanan tinggi protein dapat diperoleh ibu menyusui dari telur, kacang-kacangan, kemudian ikan salmon, dan berbagai jenis sayuran juga buah-buahan.

Itulah beberapa hal yang penting untuk anda ketahui ketika anda menjadi seorang ibu yang dituntut mampu memberikan yang terbaik bagi dirinya dan juga bayinya.

Posting Komentar