Rincian Estimasi Biaya Bangun Rumah yang Harus Diketahui


Meski cukup merepotkan, namun banyak orang masih lebih suka membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah cluster yang sudah jadi. Salah satu alasannya yaitu lantaran membangun rumah sendiri bisa sesuai dengan keinginan. Berbeda dengan membeli rumah cluster dimana desain rumah sudah ada dari awal dan tinggal memakai saja. Namun jika ingin membangun rumah sendiri, Anda harus mengetahui rincian estimasi biaya bangun rumah sehingga pembangunan berjalan lancar.

Berikut ini adalah rincian yang tidak boleh dilewatkan:



  • Perhitungan Luas Bangunan

Perhitungan luas bangunan bisa dilakukan dengan cara mengukur luas bangunan. Agar tidak terjadi kesalahan, Anda bisa meminta bantuan pada ahli atau teman yang sudah berpengalaman. Perlu diketahui bahwa semakin luas maka biaya yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi.

  • Perhitungan Per Meter Persegi

Selanjutnya Anda juga perlu melakukan perhitungan per meter persegi, misalnya seperti material untuk dinding, lantai, langit-langit atau plafon, serta finishing. Hal ini bisa membantu Anda memperkirakan total estimasi biaya bangun rumah.

  • Hitung Kebutuhan Diluar Pembangunan

Kebutuhan diluar pembangunan seringkali diabaikan banyak orang sehingga rumah tidak bisa lengkap setelah pembangunan selesai. Kebutuhan diluar pembangunan ini termasuk dengan perabotan atau interior, biaya pengurusan IMB dan biaya administrasi pajak rumah.

  • Hitung Upah Pekerja Harian

Sebelum memasukkan upah pekerja, sebaiknya cari tahu berapa besar upah per hari setiap tukang di daerah Anda. Pasalnya setiap jenis pekerjaan memiliki upah berbeda, misalnya tukang gali berbeda dengan tukang batu dan tukang besi beton.

  • Perhitungkan Biaya Lain-lain

Tips terakhir yaitu dengan memperhitungkan biaya lain-lain yang tidak terduga. Pasalnya, Anda hanya bisa merencanakan sementara semua hal bisa terjadi diluar rencana. Oleh sebab itu penting memperhitungkan biaya tak terduga. Sebaiknya anggaran biaya lain-lain ini yaitu 10% dari total estimasi biaya yang didapatkan.

Itulah rincian estimasi biaya bangun rumah yang tidak boleh Anda lewatkan. Membangun rumah sendiri memang membutuhkan budget yang tidak sedikit. Agar lebih hemat, Anda bisa menggunakan material terjangkau seperti Semen Tiga Roda. Meskipun terjangkau, merk semen satu ini berkualitas dan berstandar SNI. Ketahui apa saja produk Semen Tiga Roda yang bisa Anda gunakan melalui website sementigaroda.com. 

Posting Komentar