Mengetahui Kuliah DKV di Universitas

Kuliah DKV
Banyak sekali orang yang bertanya tentang apa itu kuliah di DKV atau desain komunikasi visual? Terkadang orang salah paham dengan jurusan ini dikira sama dengan desain grafis atau bidang desain lainnya. Anggapan itulah yang tidak begitu saja benar. Karena, jurusan desain komunikasi visual ini tidak sama dengan jurusan-jurusan desain grafis. Meskipun jurusan ini mempunyai banyak sekali persamaan dengan desain grafis, kemudian desain komunikasi visual juga ini mempunyai banyak perbedaan. Agar Anda tidak penasaran, maka mari simak tentang Kuliah DKV ini:

Kuliah DKV
Desain komunikasi visual merupakan salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari tentang beberapa konsep komunikasi serta ungkapan kreatif, teknik dan juga media. Pembelajaran ini dengan memanfaatkan beberapa elemen-elemen visual maupun rupa di dalam menyampaikan pesannya. Adapun tujuan tersebut adalah untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan nantinya agar orang terpengaruh. Kuliah DKV ini juga memberikan pelajaran tidak hanya tentang belajar desain saja, namun juga beberapa cabang ilmu lainnya seperti halnya ilmu komunikasi, seni rupa dan juga psikologi. Jadi, bisa kita katakan bahwa desain komunikasi visual ini merupakan hasil campuran dari beberapa ilmu desain dan ilmu lainnya sebagai salah satu dasarnya.

Di Kuliah DKV ini Anda juga akan diajarkan tentang ilmu dasar ilmu desain, seperti menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Lalu, Anda juga akan mendapatkan beberapa pelajaran dari ilmu selain desain, seperti ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya. Biasanya, di jurusan desain komunikasi visual memiliki tiga pembidangan lagi, yakni komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia. Ketiga pembidangan ini akan menjadi pilihan pada semester 6 perkuliahan. Pada pembidangan komunikasi grafis, Anda akan mendapatkan mata kuliah pengkhususan, yakni desain grafis tingkat lanjut, grafis portofolio, perspektif desain grafis, dan lain sebagainya.

Kemudian pada pembidangan visual periklanan, mata Kuliah DKV khusus adalah komunikasi visual periklanan advanced atau tingkat lanjut. Lantas pada pembidangan komunikasi multimedia, Anda juga akan mendapat mata kuliah yang khusus komunikasi visual multimedia tingkat lanjut, videografi, media interaktif, dan lain sebagainya. Selain mata kuliah wajib tersebut, ada beberapa mata kuliah pilihan lainnya yang bisa Anda pilih, hal ini tergantung pada kebutuhan penelitian tugas akhir ataupun minat dari mahasiswa itu sendiri. Mata kuliah tersebut di antaranya adalah psikologi persepsi, psikologi sosial, game desain, grafis eksperimental, dan lain sebagainya. Anda bisa belajar semuanya itu hanya di IDS, yang merupakan salah satu sekolah yang menyediakan jurusan DKV ini.

Anda tidak usah ragu lagi masuk di Kuliah DKV ini, karena prospek karirnya bagus. Lulusan desain komunikasi visual ini sangat mudah sekali untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Mengapa demikian? Karena banyak pula perusahaan yang bergerak di industri kreatif serta banyak pula perusahaan lainnya yang membutuhkan orang dengan keahlian desain komunikasi visual ini. Anda bisa bekerja di biro periklanan, perusahaan game, production house, stasiun televisi, percetakan dan penerbitan, biro konsultasi desain, biro hubungan masyarakat di suatu perusahaan, dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga berwirausaha atau bekerja secara freelance sebagai desainer komunikasi visual.

Itulah beberapa informasi mengenai jurusan Kuliah DKV yang bisa Anda dapatkan di IDS. Tentunya, kalau Anda tertarik mendalami ilmu tersebut, maka ada baiknya Anda mempersiapkannya dari sekarang. Dengan begitu, ketika kuliah nanti sudah tidak kaget dengan berbagai mata kuliah yang ada.

Posting Komentar