Cara Melakukan Financial Management yang Baik

Cara Melakukan Financial Management yang Baik
financial management

Pada saat anda memiliki uang yang melimpah, maka anda harus memiliki pengetahuan tentang financial management yang maksimal agar kondisi keuangan anda akan selalu terkontrol setiap saat. Financial management atau manajemen keuangan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengelola dana maupun aset-aset yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk dimanfaatkan pada hal-hal atau kegiatan yang membantu tercapainya tujuan utama dari seseorang atau organisasi tersebut.

Mengapa kita harus melakukan financial management ? Kegiatan mengelola keuangan harus atau wajib anda lakukan baik dalam scope yang besar, sedang maupun kecil. Hal ini mengingat bahwa kegiatan pengelolaan ini memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi dari sistem pengelolaan keuangan ini adalah perencanaan keuangan dan anggaran, pengendalian, pemeriksaan, hingga pelaporan.


Untuk melakukan system financial management secara baik dan benar, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut :

Pisahkan uang menurut fungsinya. kamu bisa mendata terlebih dahulu pengeluaran yang harus dilakukan setiap hari dalam satu bulan. Tentunya, kamu sudah tahu pengeluaran pasti, seperti biaya listrik, kebutuhan rumah, atau transportasi yang harus dikeluarkan. Selain pengeluaran pasti, data pula pengeluaran tidak terduga serta biaya hiburan, seperti berkumpul dengan teman atau melakukan hobi. Setelah semua data dituliskan, alokasikan uang untuk setiap fungsi pengeluaran.

Pisahkan uang di awal untuk menabung. Cara menabung yang baik bukan menyimpan sisa uang setelah semua belanja dan pengeluaran, melainkan memisahkan sejumlah uang di awal sebelum kamu membagi uang untuk berbagai keperluan.

Siapkan rekening berbeda. Untuk pengelolaan uang yang lebih mudah, kamu bisa mencoba menempatkan uang di beberapa rekening yang berbeda. Pisahkan rekening untuk tabungan dan uang yang digunakan sehari-hari. Untuk membantu anda membuka rekening khusus untuk kebutuhan lainnya selain kebutuhan sehari, anda bisa membuka rekening online menggunakan aplikasi Jenius dari BTPN. Aplikasi keuangan Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang dikeluarkan oleh BTPN yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari ponsel, baik ponsel berbasis Android maupun iOS.

Belanja sesuai kebutuhan. Dengan adanya pembagian uang di awal bulan, anggarkan uang khusus untuk belanja. Anggarkan secukupnya dan pastikan uang dialokasikan untuk berbagai keperluan yang memang penting dan dibutuhkan.


Posting Komentar