5 Hal Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

haid tidak teratur
Setiap wanita pastinya selalu mengalami haid, ini merupakan proses meluruhnya dinding Rahim yang berguna untuk membersihkan Rahim dari pembuluh darah, kemudian kelenjar serta sel-sel yang keluar dengan bentuk darah. Hal ini karena tidak adanya pembuahan. Saat ini sering kita jumpai dari banyak wanita dengan siklus haid tidak teratur.

Pada dasarnya haid ini idealnya terjadi pada setiap 28 hari sekali, namun juga ada wanita yang memiliki siklus haid dengan rentang waktu antara 21 – 25 hari, tentunya ini masih dalam kategori normal. Akan tetapi juga ada yang mengalami siklus dengan tidak teratur, contohnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, kemudian apa yang menyebabkan siklus haid tidak teratur tersebut?

Penyebab Yang Sering Terjadi Haid Yang Tidak Teratur

Mengalami stress

Ini salah satu penyebab dari haid yang tidak teratur, yaitu mempengaruhi siklus haid. Disaat Anda dalam keadaan yang stress atau depresi ini akan membuat bagian otak dan mengatur hormone siklus haid menjadi ikut terpengaruh. Sehingga pada saat stress, hormone pengatur menjadi tidak seimbang dan haid pun juga menjadi tidak teratur.
haid tidak teratur
Perubahan berat badan

Untuk Anda yang mengalami perubahan berat badan, ini juga bisa menjadi penyebab ketidakteraturan haid. Hal ini menjadi salah satu efek dari ketidakteraturan pola makan Anda.

Alat kontrasepsi

Kontrasepsi, pasti Anda sudah tidak asing dan kebanyakan dari para wanita menggunakannya. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan alat kontrasepsi ini juga bisa mempengaruhi siklus haid Anda. Namun kontrasepsi seperti spiral dan suntik KB dalam menjadi penyebab seseorang telat dalam memperoleh haid. 

Penggunaan pil kontrasepsi dalam dosis rendah memang tidak terlalu memengaruhi siklus haid. Tapi, alat kontrasepsi seperti spiral dan suntik KB bisa menyebabkan seseorang telat mendapatkan haid.

Hormon yang tidak seimbang

Ini sebagai salah satu penyebab siklus haid yang tidak teratur, ketidakseimbangan hormone ini menjadi salah satu penyebab dari kelelahan atau stress. Ketika terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh, maka siklus haid pun ikut terganggu.

Gaya hidup yang kurang sehat

Jika Anda sering mengkonsumsi alcohol atau merokok, maka ini juga bisa menjadi penyebab haid tidak teratur karena kesehatan Anda terganggu.

Nah, itu dia beberapa penyebab siklus haid tidak teratur, selain itu masih banyak lagi yang lainnya.

Posting Komentar