Ketahui Tahap Perkembangan Bayi Dalam Kandungan

perkembangan bayi
Mempunyai anak merupakan salah satu hal yang sangat diimpikan oleh keluarga. Bahkan, ketika sedang hamil rasanya sangat membahagiakan dan tidak sabar ingin segera bertemu dengan si kecil yang berada di dalam kandungan tersebut. Maka dari itu, umumnya para calon orangtua akan merasa sangat penasaran sekali mengenai bagaimana sebenarnya proses perkembangan janin dalam kandungan tersebut. 

Menurut bidan Sela bidan di Bandung bahwa sebagai orangtua Bunda perlu mengetahui setiap inci perkembangan ini supaya tahu apakah buah hati Bunda sudah mengikuti jalur yang tepat atau tidak. 

Nah, berikut ini penjelasan tentang perkembangan janin atau serta pertumbuhan janin saat berada di dalam kandungan. 
perkembangan bayi
1 Bulan Usia Kehamilan 

Ketika usia satu bulan kehamilan, umumnya bayi masih berbentuk embrio yang mempunyai ukuran kecil sekali layaknya kedelai. Karena, calon janin yang berada di dalam kandungan baru saja mengalami pembentukan. 

2 Bulan Usia Kehamilan 

Selanjutnya ketika memasuki tahap usia dua bulan biasanya embrio yang ada di dalam rahim sudah mengalami perkembangan yang lumayan pesat. Karena organ-organ dan jaringan tubuh seperti struktur dasar otak, mulut, mata, dan hidung mulai terbentuk. 

3 Bulan Usia Kehamilan 

Ketika di usia 3 bulan, maka perut Bunda akan terlihat semakin besar. Hal ini menandakan apabila semua tulang dan semua organ vital sudah terbentuk sempurna dan sudah dapat berfungsi dengan maksimal. 

4 Bulan Usia Kehamilan 

Di usia 4 bulan kehamilan, janin sudah mulai dapat bergerak, mendengarkan suara, sampai tertidur. Bahkan, bayi yang berkembang dalam tahap ini sudah dapat diprediksi jenis kelaminnya.

5 Bulan Usia Kehamilan 

Kemudian di usia 5 bulan, berat badan dan ukuran tinggi janin juga sudah sangat berkembang. Bahkan, tulang rawan yang membentuk janin mulai berubah menjadi tulang keras pada umumnya. 

6 Bulan Usia Kehamilan 

Perkembangan bayi yang telah mencapai 6 bulan membuat jenis kelamin bayi tersebut sudah bisa dipastikan dengan jelas. 

7 Bulan Usia Kehamilan 

Saat usia 7 bulan, sistem organ dan tubuh janin sudah mulai menuju sempurna. Mulai dari sistem indera, sistem saraf, dan beberapa sistem lainnya.

8 Bulan Usia Kehamilan 

Bayi yang memasuki usia 8 bulan di dalam kandungan pada dasarnya disebut sebagai tahap pematangan. Pertumbuhan tersebut umumnya berpengaruh pada berat badan dan ukuran janin. 

9 Bulan Usia Kehamilan 

Perkembangan terakhir di usia 9 bulan merupakan penyempurnaan setiap tahapan yang sudah dilalui. Karena seluruh organ tubuh janin sudah berfungsi sesuai dengan bagiannya masing-masing. 

Posting Komentar