Tempat Wisata Pura Besakih

Pura Besakih merupakan ruang persembahyangan agama Hindu di Bali & di dalam tempat Pura ini, tak cuma terdapat satu Pura, tapi tidak sedikit Pura. Lantaran demikian sebanyak terdapat Pura dalam satu wilayah, sehingga Pura Besakih Bali ialah Pura paling besar di Indonesia.


Pura Besakih Bali pun tidak jarang dinamakan dgn nama Pura Besar Besakih. Area Pura Besakih terdapat di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kab Karangasem, Bali.

Pura Besakih Bali terdiri dari 1 pusat Pura yg dikasih nama Pura Penataran Akbar Besakih & terdapat 18 Pura pendamping yg berada di sekeliling dari Pura Penataran Gede Besakih. 1 buah Pura Basukian & 17 pura yang lain.

Apabila kamu telah sempat menyaksikan foto-foto dari Pura ini, sehingga kamu dapat menonton anak tangga yg sejumlah tidak sedikit & terdapat pintu gerbang yg teramat gede, gerbang inilah pintu masuk ke areal pusat Pura Penataran Gede Besakih.

Pura Besakih di Bali yakni pusat aktivitas keagamaan bagi umat Hindu Bali & Pura Penataran Akbar Besakih ialah Pura paling besar di wilayah Pura ini. Pura Penataran Gede Besakih paling tidak sedikit mempunyai ruang atau bangunan utk persembahyangan, orang Bali biasa sebut dgn nama Pelinggih & yaitu pusat dari Pura ini.

Histori Pura Besakih

Pura Gede Besakih di Bali telah populer hingga ke macanegara, demikian tidak sedikit wisatawan asing atau domestik yg berwisata ke area ini. Saking besar nya Pura ini, Pura Akbar Besakih mendapat nama sbg ibunya dari Pura di Bali.

Kamu tentu tanya siapakah yg membangun Pura ini buat perdana kali? Awalnya aku serta tak tahu, tetapi sesudah membaca buku peristiwa menyangkut Pura di Bali sehingga aku tahu jawabanya. Pembangun Pura Besakih merupakan satu orang tokoh agama Hindu dari India yg sudah lama menetap di pulau Jawa, nama ia yakni Rsi Markandeya.

Bila waktu ini kamu perhatikan suatu bangunan Pura megah, dulunya tempat dari Pura ini yakni hutan belantara. Pastinya kamu mampu membayangkan hutan belantara jaman dahulu, tentunya dapat tidak sedikit terdapat binatang. Maaf agak ngelantur sedikit.

Konon saat itu belum terdapat selat Bali seperti saat ini, lantaran pulau Jawa & pulau Bali tetap jadi satu & belum terpisahkan oleh lautan. Lantaran saking panjangnya pulau yg kita sebut kini bersama sebutan pulau Jawa & pulau Bali, sehingga pulau ini dikasih nama pulau Dawa yg artinya pulau panjang.

Awal mulanya Rsi Markandeya pendiri dari Pura ini, bertapa di Gunung Hyang (Gunung Dieng di jateng). Sesudah lama bertapa Rsi Markandeya mendapat wahyu buat merambas hutan di Pulau Dawa dari selatan menuju ke utara.

Ditempat perambasan hutan, Rsi Markandeya menanam kendi yg berisikan logam & air suci. Logam tersebut antara lain logam emas, logam perak, logam tembaga, logam besi & logam perunggu. Kelima logam tersebut dimasyarakat Bali dinamakan bersama mama Pancadatu.

Tidak Hanya logam serta turut pun ditanam permata yg dinamakan Mirahadi yg artinya mirah penting. Ruang penanaman kendi inilah yg dinamakan bersama nama Basuki yg artinya selamat. Diberikan nama Basuki atau selamat karena dalam perambasan hutan para pengikut dari Rsi Markandeya selamat jalankan tugasnya. Dgn berjalanyan disaat nama Basuki beralih jadi Besakih.

Kami pula sediakan paket Bali tour murah yg salah satu dari paket tersebut dengan cara kusus berwisata ke Pura ini, kami menyebutkan paket wisata ke Pura Besakih bersama nama Besakih tour. Seandainya kamu membutuhkan jasa rent car di Bali, kami siap menolong kamu buat memperoleh mobil yg bisa kamu sewa dgn supir atau penyewaan mobil tidak dengan supir.